Nama Tokoh-tokoh Sejarah Beragama Islam

Nama tokoh-tokoh sejarah beragama Islam itu sangat banyak. Mulai dari tokoh-tokoh beragama Islam sebelum kemerdekaan hingga sesudah kemerdekaan diproklamirkan. Para tokoh sejarah itu mewarnai perjalanan Indonsia. Jejak-jejak mereka begitu nyata.

Misalnya, Piagam Jakarta yang tidak bisa dipisahkan dari lahirnya Pancasila. Sila pertama itu dipengaruhi oleh keyakinan kepada Islam. Penghormatan kepada orang lain dan menghargai perbedaan adalah juga merupakan cermin dari ajaran Islam.

Tokoh Sejarah Beragama Islam

Nama tokoh-tokoh sejarah beragama Islam yang hingga kini tetap sering disebut, di antaranya adalah KH. Ahmad Dahlan. Beliau adalah pendiri Muhammadiyah. Dengan ketegaran hatinya, ia berusaha memberikan pencerahan kepada lingkungannya. Lewat dunia pendidikan, ia menyampaikan apa yang seharusnya dilakukan oleh para muslim.

Bahwa ajaran Islam itu sudah sempurna sehingga tidak perlu ditambah dengan ritual lain. Apalagi dicampur dengan ajaran yang bukan berasal dari ajaran Islam. Tidak mudah bagi Ahmad Dahlan untuk menyampaikan kebenaran itu. Lingkungannya dipengaruhi oleh ajaran Hindu dan Budha sehingga banyak sekali orang Muslim yang melakukan hal-hal kesyirikan.

Belum lagi cara masyarakat bergaul. Semua itu menjadikan Ahmad Dahlan sebagai sosok yang sempat dibenci. Pada akhirnya, para anak didiknya memberikan dukungan sehingga Muhammadiyah tetap menjadi satu organisasi yang besar. Suatu organisasi tinggalan Ahmad Dahlan yang cukup disegani.

Selain Ahmad Dahlan, Buya Hamka dan Agus Salim pun memberikan warna pada perjuangan bangsa ini. Agus Salim yang pandai bersilat lidah dan mampu berbicara dalam beberapa bahasa asing, telah menjadi sosok yang sangat disegani.

Bahkan orang Belanda dan orang Inggris pun mengagumi sosok berjenggot itu. Kehidupannya yang sederhana menjadi satu cermin bahwa pejuang itu tidak harus kaya. Agus Salim mempunyai hati yang kuat. Ia berjuang hingga akhir hayatnya.

Ulama Disegani

Buya Hamka menjadi sosok ulama yang didengarkan perkataannya. Beliau yang mempunyai pandangan yang luas itu menjadi rujukan banyak orang. Dengan ilmunya Buya Hamka menulis buku. Pemikirannya hingga kini masih bisa dipelajari. Itulah bagian dari amal jariyahnya.

Selain Buya Hamka, ada lagi tokoh sejarah yang memegang prinsip Islam. Dari Sumatera Barat, ada Tuanku Imam Bonjol. Beliau berusaha berjuang atas nama agama. Perjuangan yang dilakukan sebelum kemerdekaan itu menjadi satu inspirasi yang luar biasa. Dari Aceh, ada Teuku Umar dan istrinya Cut Nyak Dien yang juga bisa dikatakan sebagai tokoh hebat.

Nama tokoh-tokoh sejarah beragama Islam lainnya masih begitu banyak. Sukarno, Hatta, M. Yamin, dan tokoh kemerdekaan lainnya pun tetap memandang ajaran Islam sebagai landasan cara berpikir.

Selanjutnya : Dampak dan Penyebab Korupsi di Indonesia
Sebelumnya: Nama-Nama Unik Dari Jepang Untuk Bayi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...