Nama Topi Adat Sumatera


Nama topi adat Sumatera adalah bagian dari keanekaragaman budaya Pulau Sumatera yang merupakan salah satu dari lima pulau terbesar di Indonesia. Kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara ke daerah Sumatera yang terus meningkat setiap tahunnya menandakan Sumatera memiliki daya tarik tersendiri.

Adat Sumatera

Salah satu yang menarik minat wisatawan adalah rumah adat Sumatera. Nama rumah adat Sumatera di antaranya Rumah Krong Bade (Aceh), Rumah Bolon (Sumatera Utara), Rumah Gadang (Sumatera Barat), Rumah Melayu Selaso Jatuh Kembar (Riau).

Tarian tradisional Sumatera merupakan bagian penting dari wisata budaya. Bahkan sering kali kedatangan tamu kenegaraan, pejabat tinggi, dan wisatawan disambut dengan tarian-tarian ini. Nama tari adat Sumatera yang terkenal, yaitu Tari Seudati dan Tari Saman dari Aceh, Tari Tor-Tor dan Tari Serampang Dua Belas dari Sumatera Utara, Tari Piring dari Sumatera Barat, Tari Tandak dan Tari Zapin dari Riau.

Pengajaran lagu-lagu daerah di sekolah juga merupakan bagian dari upaya pelestarian budaya. Nama lagu adat Sumatera yang dikenal luas di antaranya Bungong Jeumpa (Aceh), Butet, Sinanggar Tulo, Sing Sing So, dan Lisoi (Sumatera Utara), Ayam Den Lapeh dan Kampuang Nan Jauh Dimato (Sumatera Barat), Soleram dan Lancang Kuning (Riau).

Nama pakaian adat Sumatera di antaranya Ulee Balang (Aceh), Ulos/Karo (Sumatera Utara), Batu Sangkar (Sumatera Barat), Teluk Belanga (Riau). Topi adat Minangkabau disebut Tingkuluak/Tengkuluk adalah hiasan kepala perempuan Minangkabau berbentuk runcing dan bercabang mirip tanduk kerbau dan tutup kepala pria disebut Destar/Deta. Topi adat Batak disebut Topi Gotong/Talitali/Tahuluk. Topi adat Aceh disebut Kopiah Meukotop. Topi adat ini digunakan pada saat pernikahan, kematian, dan upacara adat lainnya.

Selain objek wisata budaya di Sumatera, objek wisata alam dan sejarah di Sumatera pun tak kalah menariknya. Aceh memiliki Taman Nasional Gunung Leuser dan Mesjid Baiturrahman. Danau Toba dan Pulau Nias adalah objek wisata terkenal di Sumatera Utara. Sumatera Barat menyelenggarakan event tahunan internasional Tour De Singkarak di Danau Singkarak. Riau memiliki Pulau Batam dan Pulau Bintan.

Nama topi adat Sumatera adalah salah satu unsur keanekaragaman budaya di Pulau Sumatera. Namun apa pun bentuknya, kebudayaan asli Sumatera tetap harus dipertahankan sebagai identitas jati diri bangsa agar tetap lestari dan tak hilang tergerus zaman.

Selanjutnya : Riwayat Hidup Rene Descartes
Sebelumnya: Ibu Een, Orang Indonesia dengan Keterbatasan Fisik Tetapi Berprestasi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar