Nama Wanita Sebagai Doa Agar Kelak Banyak yang Mengasihi

Nama wanita sebagai doa agar kelak banyak yang mengasihi. Memang ungkapan ini cenderung disetujui oleh banyak orangtua. Apalagi mereka yang memiliki anak-anak perempuan. Bisanya sebelum lahir calon bayi perempuan ini, orang-tua sibuk mencari nama yang baik untuk anak mereka.

Sebenarnya bukan hanya nama untuk anak perempuan saja, nama untuk anak laki-laki juga sebaiknya harus bagus. Karena nama sesungguhnya sama dengan doa. Setiap kita memanggil nama anak, maka sebuah doa akan terucap, sehingga pertimbangan saat hendak memberi nama pada anak itu perlu pembahasan yang serius. Bahkan dalam agama tertentu, ada prosesi atau upacara kecil pemberian nama pada bayi.

Di wilayah Sumba Barat, upacara pemberian nama pada anak disebut juga Pangara Ana. Upacara ini diadakan setelah bayi lahir. Biasanya nama bayi diambil dari nama-nama leluhur orang Sumba yang sudah meninggal. Cara mengetes apakah nama tersebut cocok dengan si bayi adalah dengan melihat reaksinya dari setiap nama yang dibacakan pada si bayi.

Upacara Pangara Ana diawali dengan menyembelih dua ekor ayam. Satu ekor ayam ditujukan untuk si bayi dan satu ekor lagi untuk menghindari malapetaka. Di beberapa wilayah di Sumba Barat, upacara ini diikuti dengan memecahkan buah kelapa. Pemecahan kelapa ini dilakukan oleh Rato Adat.

Jika si buah kelapa terpecah berai, maka si ibu diramalkan akan memiliki banyak keturunan. Namun, hal sebaliknya akan terjadi jika kelapa tersebut tidak pecah, maka si anak akan menjadi anak tunggal mereka.

Upacara pemberian nama di tiap daerah berbeda. Lain daerah lain upacaranya. Di daerah Jawa biasanya pemberian nama pada bayi bertepatan dengan upacara Sepasaran. Upacara Sepasaran ialah upacara selamatan hari kelima setelah si bayi dilahirkan.

Bagi sebagian besar masyarakat Jawa pemeluk Islam, pemberian nama pada bayi biasanya dilakukan semenjak hari kelahiran si bayi. Kemudian nama si bayi itu akan diumumkan kepada tetangga dan sanak keluarga setelah tujuh hari atau seminggu, yaitu bertepatan dengan hari aqiqahan yang dilaksanakan untuk si bayi. Apabila bayinya perempuan, pemberian nama wanita sebagai doa agar kelak banyak yang mengasihi pun diberikan.

Loading...
Selanjutnya : Contoh Iklan Yang Menimbulkan Persepsi Berbeda
Sebelumnya: Natrium Klorida Dan Kalium Dalam Ilmu Gizi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar