Mencari Naskah Cerita Rakyat


Naskah cerita rakyat, bisa jadi Anda akan berpikir maksudnya adalah novel atau komik. Namun, pada kenyataannya, cerita rakyat sampai detik ini tidak tertulis di buku atau pun yang lainnya. Dan, juga jarang diketahui siapa pengarang dari cerita rakyat. Namun, cerita rakyat tiba-tiba sudah menjadi budaya, bahkan seakan itu menjadi sebuah mitologi.

Jenis naskah mengenai cerita rakyat juga banyak sekali. Dari dulu sampai sekarang, cerita rakyat menjadi suguhan yang tak lekang oleh waktu sebagai suguhan untuk anak-anak. Di mana, sepertinya cerita rakyat memang diperuntukkan bagi masa anak-anak, lalu menjadi kenangan ketika mereka tua.

Naskah Cerita Rakyat

Mencari cerita rakyat pun tidak susah. Anda akan mendapatkannya melalui internet maupun melalui penuturan para orang tua. Cerita rakyat adalah sebuah cerita tidak tertulis, misalnya, Kancil Mencuri Timun.

Cerita rakyat mengenai Kancil adalah cerita rakyat yang tidak pernah diketahui siapa pengarang pertamanya. Sehingga, banyak penerbit menuliskan ulang kemudian menjualnya tanpa harus terbebani dengan royalti.

Di Indonesia, sebenarnya ada berbagai cerita rakyat, mulai dari Kancil Mencuri Timun sampai cerita yang tidak kalah tersohornya, yaitu Malin Kundang. Cerita dari tanah Sumatra ini cukup terkenal dan mengilhami banyak film maupun novel di tanah air.

Akan tetapi, keabsahan cerita Malin Kundang juga masih dipertanyakan. Apakah benar Malin Kundang kemudian menjadi sebuah batu yang sedang bersujud karena disumpahi oleh ibunya? Mungkin Andalah yang bisa menjawabnya.

Karena, terkadang nenek moyang membuat cerita rekaan hanya sekadar untuk mendidik anak-anak mereka. Sehingga, hal yang tidak ada hubungannya pun dihubung-hubungkan agar menjadi seperti nyata. Tujuannya, sebenarnya mereka hanya ingin menyampaikan pesan moral.

Nah, jika Anda berminat ingin mencari naskah mengenai cerita rakyat untuk dipelajari sendiri, coba tanyakan saja pada google, tuliskan kata kunci ‘adakah naskah cerita rakyat’. Dan, google akan segera memberi Anda jawaban. Karena google ibarat sebuah arsip, ia menyimpan banyak tulisan dari manusia di seluruh muka bumi ini.

Demikian penjelasan mengenai naskah cerita rakyat. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Selanjutnya : Peluang Pekerjaan untuk Berwiraswasta
Sebelumnya: Beberapa Manfaat Beras Kencur
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar