Naskah Drama dari Jawa Barat yang Cukup Populer

Naskah drama dari Jawa Barat seringkali menjadi pementasan tradisional yang sampai sekarang masih menjadi bagian dari masyarakat di daerah Jawa Barat. Drama yang membawa nilai-nilai budaya Jawa Barat dan melayu ini dipadukan dengan akting dari pemain drama yang cukup lihai. Sehingga tidak akan bosan untuk ditonton dari awal sampai akhir.

zoloft am or pm zoloft appetite stimulation lexapro 30mg vs zoloft 200mg zoloft time to work ocd headaches and zoloft safety of zoloft zoloft and propecia 60 minutes generic propecia cheapest prices pharmacy. buy phenergan 250 50 cheapest place to buy phenergan generic phenergan buy zoloft usa . express delivery, cheap zoloft. buy zoloft online Drama dari Naskah Drama Jawa Barat

Drama merupakan satu kesatuan kata “dramoi” yang memiliki arti beraksi, bertindak, dan berbuat. Sebenarnya banyak sekali pementasan drama dari Jawa Barat yang banyak memiliki unsur pendidikan, nilai budaya dan moral yang biak untuk disaksikan.
Dalam perkembangan zaman seperti ini, banyak sekali penggolongan drama terbentuk berdasarkan perkembangan dalam dunia sastra. Hanya memang, naskah drama tardisional asli dari Jawa Barat masih tetap dilestarikan hingga sekarang ini.

Dalam artikel ini akan diberikan sedikit penjabaran mengenai ciri khas dan ragam dari naskah drama dari jawa barat. Mungkin beberapa dari bentuk naskah drama karangan asli dengan penyerapan nilai-nilai budaya dari Jawa Barat ini bisa menjadi salah satu ide buat dalam menyusun naskah drama.

dec 2, 2014 – baclofen rezeptfrei sie. baclofen 25 mg senza prescrizione italia baclofen from mexico without prescription buy baclofen online prescrire Ciri Khas dan Ragam Drama Jawa Barat

1.  Ogel

Sama seperti fungsinya, drama Jawa Barat memang ditunjukkan sebagai bentuk hiburan pelepas rasa lelah. Salah satu drama yang banyak mengandung unsur hiburan adalah ogel dengan pembawaan khusus bahasa dan budaya Betawi ataupun melayu. Ogel ini umumnya akan memuat lawakan-lawakan santai tentang kehidupan manusia. Dalam pementasannya, ogel biasa diiringi oleh musik kendang, terompet dan angklung.

2.  Longser

Drama asal Jawa Barat ini banyak mengandung unsur tari tradisional, pencak silat, dan masih tetap mengandung unsur lawak. Seringkali peminat longser ini memilih longser karena kagum akan perpaduan apik dari keempat unsur seni; yakni tari, seni bela diri, lawak dan drama. Longser memang dikemas tidak hanya untuk unjuk kebolehan dalam akting, tetapi juga berbagai unsur seni yang lain yang harus dimiliki oleh pemainnya. Umumnya dalam pementasan longser ini akan diiringi dengan musik gamelan Jawa.

3.  Topeng Cirebon. Drama jenis ini merupakan perkembangan jenis drama dari pewayangan. Tokoh atau pemain drama semuanya memakai topeng, sehingga jalan cerita maupun dialog hanya mengikuti permainan dari dalang. Sehingga pada drama ini, dalanglah yang memiliki peranan yang sangat besar terhadap penghidupan nilai dramatikalnya.

Pemain yang hanya cukup memperagakan gerak juga melakukan latihan yang tidak mudah agar dapat sepadan dengan penghayatan dalang. Namun tetap seperti wayang orang yang sedang dijalankan oleh seorang dalang. Cerita yang umum dibawakan adalah Menak, Ramayana, dan Mahabarata.

Itulah beberapa ragam beserta ciri khas naskah drama dari jawa barat. Mungkin dari paparan tersebut, wawasan sastra kita semua jadi lebih luas lagi.

Loading...
Selanjutnya : Mengenal Slogan Xpress Air
Sebelumnya: Beberapa Contoh Nama-nama Unik dan Menarik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar