Persiapan Membuat Naskah Drama Persahabatan 5 Orang


Membuat naskah drama persahabatan 5 orang itu tidak mudah. Paling tidak ada 5 karakter berbeda yang harus ditampilkan. Bagi yang sudah terbiasa membuat naskah drama, ini bukan satu hal yang sulit, namun bagaimana dengan seorang pemula? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan!

Membuat Naskah bagi Pemula

  • Pertama, gambarkan masing-masing karakter. Buat karakter yang sangat khas. Kalaupun akan membuat dua orang yang mempunyai karakter sama, tidak menjadi masalah. Asalkan nanti ketika memasuki babak klimaks atau pemecahan konflik, dua karakter yang sama itu bisa menunjukan ciri khas sendiri-sendiri.
  • Kedua, buat alur cerita yang bagus. Sebelumnya tentukan dahulu siapa yang akan menjadi pemain utama. Pemain utama ini akan menjadi pusat perhatian.
  • Ketiga, sesuaikan tema naskah drama dengan tema pementasan. Apalagi kalau naskah drama yang dibuat diperuntukan untuk lomba. Yang harus dipikirkan bukan saja dialog yang renyah tetapi mempunyai bobot, juga kostum dan tata panggung, serta biaya yang dikeluarkan dan kemampuan dalam menangani semua persoalan tersebut nantinya.
  • Keempat, pada saat pembuatan naskah, bayangkan siapa yang akan menjadi aktor atau pemainnya. Sesuaikan dengan karakter suara dan penampilan sang pemain. Hal ini penting karena terkadang ketika naskah telah selesai, pemain yang cocok tidak ada.
  • Kelima, setelah naskah selesai, lakukan ‘Reading’. Pada saat ‘Reading’ ini akan ada beberapa perubahan kata atau penambahan kata. Sebagai seorang pemula, hal ini biasa saja dan jangan sampai terlalu diambil pusing. Sesuaikan dengan keadaan.

Yakinkan setiap pemain untuk tidak terlalu banyak berimprovisasi agar kekuatan naskah drama benar-benar terasa. Improvisasi dilakukan ketika naskah drama tidak terlalu memberikan arahan yang banyak tentang apa yang akan dilakukan.

Membangun Konflik

Persahabatan itu adalah sesuatu yang harus ada dalam diri manusia. Ketika memilih membuat naskah drama persahabatan 5 orang, kisah yang diangkat bisa dimulai dari pertemuan mereka. Setelah itu, konflik yang terbangun di antara mereka. Bahkan kalaupun ingin ekstrem, kelimanya mempunyai masalah berbeda yang saling berkaitan, ini bisa menjadi cerita thriller yang menarik.

Semoga menginspirasi Anda dalam membuat naskah drama ini, lalu sempurnakan artikel ini dengan mencoba!

Selanjutnya : Contoh Format Daftar Isi Karya Tulis
Sebelumnya: Kata Perpisahan buat Sahabat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar