Naskah Drama tentang Cerita Rakyat Indonesia


Naskah drama tentang cerita rakyat Indonesia dapat menjadikan sebuah pertunjukan penuh dengan nilai-nilai positif. Sebagaimana umumnya cerita rakyat pasti mengandung sebuah pelajaran tentang kehidupan.

Memilih cerita rakyat untuk naskah drama juga harus mempertimbangkan berbagai kondisi, agar pementasan drama bisa berjalan sukses.

Untuk kalangan muda dan anak-anak, cerita dalam drama sebaiknya dibuat tidak terlalu rumit. Bahasa yang digunakan pun harus mudah dicerna oleh anak-anak.

Cari cerita rakyat yang mengemas tokoh utamanya dengan sempurna. Dan yang terpenting yakni pesan moral yang ada dalam sebuah cerita.

Berikut ini cerita rakyat tentang bawang merah dan bawang putih, alur kisahnya sangat menarik untuk dibuat sebuah naskah drama:

Kisah bawang putih dan bawang merah dimulai dengan setting jaman dahulu, dimana ada sebuah keluarga yang bahagia. Anggota keluarga tersebut antara lain Ayah, Ibu dan seorang gadis cantik yang diberi nama bawang putih. Ayah bawang putih mempunyai pekerjaan sebagai seorang pedagang.

Pada suatu hari ibu dari bawang putih menderita sakit hingga meninggal dunia. Setelah ditinggalkan ibunya bawang putih sering dibantu oleh ibu bawang merah.

Ibu dari bawang merah seringkali membawakan makanan untuk bawang putih dan ayahnya. Hingga sang ayah merasa alangkah baiknya bila dia menikahi ibu bawang merah agar putrinya tidak sendirian di rumah.

Kemudian ayah bawang putih dan ibu dari bawang merah menikah dan mereka tinggal berempat dalam rumah. Sayangnya saat sang ayah pergi ke luar kota, kerap kali bawang putih diperlakukan secara tidak adil.

Bawang putih selalu diperintahkan untuk mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga. Sampai waktu ketika bawang putih mencuci pakaian ibunya, dan pakaian tersebut terhanyut oleh aliran sungai.

Bawang putih pun dimarahi habis-habisan oleh ibu tirinya akibat kejadian tersebut. Bawang putih kemudian mencari pakaian ibunya tersebut dengan menyusuri sungai, akhirnya bertemu dengan seorang nenek tua yang menemukan pakaian tersebut.

Bawang putih pun dijanjikan dapat mendapatkan kembali baju itu apabila menemani sang nenek itu selama seminggu penuh. Singkatnya, bawang putih mendapat hadiah labu yang berisi emas dan perhiasan.

Bawang merah mencoba hal yang sama dan mendapat hadiah labu raksasa yang berisi binatang beracun. Ketika labu itu dibuka bersama ibunya, mereka digigit hingga mati.

Sekian naskah drama tentang cerita rakyat Indonesia,  semoga pementasan drama tim Anda sukses!

Selanjutnya : Kehidupan Jusuf Kalla, dari Dunia Politik ke Sosial
Sebelumnya: Fenomena Chat Room Jejaring Sosial
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar