Mencari Contoh Naskah Khutbah Salat Jumat


Contoh naskah khutbah salat Jumat banyak dicari menjelang pelaksanaan ibadah salat Jum’at. Hal ini terutama dilakukan oleh mereka yang mendapatkan tugas sebagai khatib atau pengisi khutbah Jumat dalam ibadah tersebut. Tujuannya adalah untuk mencari materi khutbah yang tepat sesuai dengan kondisi yang dihadapi.

Seorang khatib yang baik biasanya akan melihat siapa saja yang menjadi pendengar khutbah Jumat mereka. Dengan demikian, materi yang akan disampaikan bisa disesuaikan dengan kemampuan dan daya pemahaman mereka. Hal ini dimaksudkan agar pada nantinya khutbah Jumat yang dilakukan tersebut benar-benar mampu dipahami oleh seluruh peserta ibadah salat Jum’at tersebut.

Memilih Materi

Dalam mencari contoh naskah khutbah salat Jumat, biasanya seseorang akan menyesuaikan dengan materi yang akan disampaikan. Pemilihan materi ini biasanya dilakukan dengan melihat beberapa pertimbangan.

Beberapa pertimbangan yang diperhatikan dalam memilih materi khutbah Jumat ini, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Jamaah yang akan Mendengarkan Khutbah Salat Jumat

Bila sebagian besar jamaah berasal dari kalangan muda, sebaiknya materi khutbah disampaikan dengan mengambil beberapa fenomena kontemporer yang ada di sekitarnya. Bila jamaah banyak yang berusia lanjut, tak ada salahnya mengedepankan materi yang berhubungan dengan peningkatan ibadah.

2. Fenomena

Biasanya materi khutbah Jumat akan disesuaikan dengan kondisi yang ada. Misalnya pada saat bulan Ramadhan, maka tema khutbah akan berkisar pada berbagai hal yang berhubungan dengan ibadah puasa Ramadhan tersebut.

3. Penyampaian Nasihat

Nabi Muhammad tentang kehidupan manusia pada akhir zaman. Dimana sebelum meninggal, Nabi Muhammad memberikan banyak pesan sebagai pegangan bagi umatnya dalam menghadapi kehidupan di akhir zaman ini.

4. Bahasa

Dalam menyampaikan khutbah salat Jumat dianjurkan menggunakan bahasa yang dimengerti oleh mayoritas Jamaah. Dengan demikian materi khutbah salat Jumat tersebut bisa dipahami dan dimengerti. Bahasa tersebut bisa menggunakan bahasa daerah atau juga bahasa Indonesia.

Ada pula pelaksanaan salat Jum’at yang dalam penyampaian khutbahnya menggunakan bahasa Arab. Mereka yang melaksanakan khutbah salat Jumat dengan bahasa Arab ini berpedoman, bahwa Nabi menyampaikan khutbah dalam bahasa Arab.

Namun demikian, kiranya perlu diingat mengenai prinsip dalam khutbah salat Jumat. Bahwa penyampaian khutbah salat Jum’at harus disampaikan dengan maksud dimengerti oleh semua jamaah atau paling tidak sebagian besar jamaah yang hadir.

Selanjutnya : Jenis Pakaian Orang Dayak
Sebelumnya: Gangguan Organ-organ Pencernaan Manusia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar