Negara Anggota Asean


Asean merupakan organisasi multilateral yang berada di kawasan Asia  tenggara. Organisasi ini menjalin kerjasama di seluruh bidang, yakni ekonomi, politik maupun budaya. Asean didirikan di Bangkok, pada 8 Agustus 1967 oleh 5 negara yang berada di kawasan Asia.

Negara-negara pencetus berdirinya Asean adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Nama negara anggota Asean lainnya baru bermunculan setelah beberapa tahun Asean terbentuk. Berikut merupakan anggota negara Asean.

Indonesia saat membentuk Asean diwakili oleh Adam malik. Adam Malik saat itu menjabat sebagai menteri luar negeri, tidak heran jika dia kemudian yang diberi wewenang untuk mewakili Indonesia. Indonesia saat itu sedang berjuang keras untuk memajukan ekonominya setelah penjajahan.

Malaysia dalam pembentukan Asean diwakili oleh Tun Abdul Razak. Negeri ini cukup dekat dengan Indonesia, bahkan beberapa kali beradu tegang karena perebutan wilayah.

Namun, kerjasama yang dilakukan pun cukup massif.salah satunya dengan masih aktifnya Indonesia mengirimkan tenaga kerjanya ke Malaysia. Hal tersebut terlepas dari seringnya warga Indoensia mendapat perlakuan semena-mena dari sang majikan.

Singapura merupakan negara yang memiliki ekonomi dan tingkat pendidikan yang hebat. S. Rajaratman merupakan orang yang mewakili Singapura saat dibentuknya Asean.

Selain Singapura, negara lain yang juga merupakan pembentuk Asean adalah Thailand. Negara dengan sebutan Gajah Putih ini mengirimkan Thanat Khoman sebagai perwakilannya untuk rapat antar negara tersebut.

Negara pendiri Asean selanjutnya adalah Filipina. Narciso Ramos saat itu mewakili Filipina untuk menajadi delegasi Filipina dalam perundingan pembentukan Asean.

Setelah organisasi ini berjalan, beberapa negara yang berada di kawasan Asia Tenggara mulai bergabung satu demi satu. nampaknya, erekamengetahui bahwa organisasi Asean dapat meberikan keuntungan untuk negaranya.

Negara yang pertama kali bergabung dengan Asean adalah Brunei Darussalam. Brunei bergabung denganAsean pada 7 Januari 1984. Negara ini memiliki tingkat ekonomi yang sangat tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya pendidikan gratis serta biaya pengobatan yang ditanggung oleh pemerintah.

Setelah Brunei  Darussalam, Vietnam juga ikut bergabung dengan Asean pada tanggal 28 Juli 1995. Baru dua tahun kemudian, yakni 23 Juli 1997, Laos juga ikut bergabung dengan organisasi Asean. Kamboja kemudian juga menyususl Laos menjadikan dirinya nomor kesepuluh anggota Asean pada tanggal 16 Desember 1998.

Selanjutnya : Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris untuk SPV
Sebelumnya: Pengertian Makanan Dan Minuman Haram
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar