Negara Asia Tenggara Yang Memiliki Militer Terkuat


Negara Asia Tenggara yang memiliki militer terkuat untuk saat ini ialah Indonesia yang mampu mengalahkan kekuatan Singapura. Hal ini sudah disebutkan oleh Global Fire Power pada tahun 2013 yang diadakan beberpa bulan silam.

Singapura beberapa tahun silam telah menduduki peringkat ini, dan saat itu Indonesia belajar dari Singapura untuk bangkit kembali. Kekuatan militer Indonesia di tingkat dunia masih mencapai peringkat ke-13 dan di Asia Pasifik mencapai tingkat ke tujuh.

Meski sekarang Indonesia sudah mencapai tingkat pertama di Asia Tenggara, jangan bersombong diri. Karena kekuatan militer yang dimiliki oleh Indonesia masih jauh tertinggal dari negara maju seperti Amerika Serikat dan China.

Oleh karena itu, Indonesia harus selalu membenahi tali sabuk militer Indonesia. Agar masyarakat dan bangsa ini tetap aman, tentram, damai dan sejahtera. Tidak dijajah kembali oleh negra-negara asing. Walau secara tidak langsung Indonesia sudah dijajah oleh mereka secara mental dan financial.

Luas wilayah yang dimiliki oleh Indonesia tentu lebih luas jika dibandingkan oleh Singapura. Negara Indonesia ini memiliki luas yang jauh jumlahnya dengan Singapura, akan tetapi pertahanan yang dimiliki oleh mereka lebih kuat.

Karena mereka sangat perhatian dengan militer yang mereka miliki. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya wajib militer bagi warganya untuk menjaga keamanan dan perdamaian negara tersebut.

Selain itu anggaran yang mereka keluarkan untuk dunia militer lebih banyak jika dibandingkan dengan anggaran yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia. Hal ini menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi Indonesia untuk membenahi militer bagi negara ini. Dan itu bukan berarti wajib militer harus dilakukan juga oleh Indonesia untuk menjaga kedaulatan bangsa ini.

Berbicara mengenai kekuatan militer Indonesia, negara tercinta kita ini memiliki potensi yang sangat besar untuk bisa mensejajarkan diri dengan negara-negara maju. Hal ini bisa dibuktikan dengan anggaran kemiliteran yang semakin naik setiap tahunnya, serta kesadaran dari pemerintah untuk memperbarui segala macam perlengkapan kemiliteran.

Sehingga negara Asia Tenggara yang memiliki militer terkuat memang layak disandang oleh Indonesia.

Selanjutnya : Cara Membaca Karakter Seorang Wanita
Sebelumnya: Mikroorganisme Penyebab Penyakit
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar