Negara dan Konstitusi di Amerika Serikat


Amerika Serikat terletak di bagian tengah Amerika Utara. Negara ini berbatasan dengan Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik di sebelah barat dan timur.

Sedangkan di sebalah utara dan selatan berbatasan dengan Kanada dan Meksiko. Negara dan konstitusi di Amerika Serikat menganut sistem federal pemerintah.

Dalam sistem ini, konstitusi memberikan kekuasaan tertentu pada pemerintah federal. Sementara kekuasaan lain yang tidak didelegasikan kepada pemerintah federal dijalankan oleh negara-negara bagian.

Amerika Serikat terdiri dari lima puluh negara bagian dan sebuah distrik federal. Lima puluh negara bagian ini disebut negara bagian Amerika Serikat.

Beberapa negara bagian Amerika Serikat yang terkenal antara lain negara bagian AS Hawai, California, Arizona, New York, Texas, dan negara bagian AS Indiana. Sedangkan ibu kota Amerika Serikat sendiri berada di Washington District of Columbia atau yang biasa disebut Washington.

Kelimapuluh negara bagian Amerika Serikat ini memiliki konstitusi, struktur pemerintahan, kitab undang-undang dan sistem pengadilan masing-masing. Sementara itu sistem pemerintahannya adalah sistem pemerintahan presidensial.

Pada sistem ini, presiden sebagai pemegang kekuasaan bertindak sebagai kepala pemerintahan dan sekaligus sebagai kepala negara. Pada sistem kekuasaan yang dianut Amerika Serikat ini, dilakukan pemisahan kekuasaan yang tegas antara eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Legislatif memiliki kekuasaan membuat undang-undang. Di Amerika Serikat, kekuasaan legislatif berada di parlemen yang disebut konggres.

Konggres ini terdiri dari senat dan House of Representatif. Setiap negara bagian memiliki dua orang anggota perwakilan di senat. Sedangkan eksekutif adalah kekuasaan yang menjalankan undang-undang.

Dalam hal ini presiden adalah pemegang kekuasaan eksekutif yang dipilih oleh rakyat. Sementara itu yudikatif adalah kekuasaan yang mengawasi pelaksanaan undang-undang dan menjatuhkan sanksi bila terjadi pelanggaran terhadap undang-undang. Di Amerika Serikat, kekuasaan yudikaif berada di tangan Mahkamah Agung atau Supreme of Court.

Negara dan konstitusi di Amerika Serikat menganut sistem dwipartai. Dua partai yang dominan di Amerika Serikat adalah Partai Republik dan Partai Demokrat. Sedangkan sistem pemilu di negara ini memakai sistem distrik.

Selanjutnya : Permak Rumah Lewat Contoh Walpaper Dinding Kamar Tidur Anak Korea
Sebelumnya: Hutan Gundul Menjadi Penyebab Bencana dan Kerusakan Lingkungan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar