Negara Demokrasi di Dunia


Amerika Serikat, India, dan Indonesia dikenal sebagai tiga negara demokrasi terbesar di dunia. Negara India dengan jumlah penduduk lebih dari 1 miliar jiwa menduduki peringkat pertama, selanjutnya Amerika Serikat dengan sekitar 313 juta  jiwa,  dan Indonesia sekitar 220 juta jiwa.

Negara Demokrasi

India merupakan negara berbentuk republik federal, terbagi dalam 28 negara bagian dan 6 wialayah persatuan. India dikenal sebagai pusat kelahiran agama-agama besar dunia seperti Hindu dan Budha. Selain itu, kebudayaan India sangat kental diwarnai unsur-unsur sinkretisme.

Meskipun dikenal banyak diwarnai unsur-unsur sinkretisme, India berkembang menuju negara modern berhaluan demokrasi. Sama halnya dengan negara Indonesia, yang juga dikenal negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, juga berhaluan demokrasi.

Berbeda dengan negara India, bentuk negara Indonesia adalah negara kesatuan republik. Sementara Amerika Serikat serupa dengan India yang berbentuk negara federasi. Sementara dalam sistem kepartaian, Amerika Serikat hanya mengenal dua partai, yaitu Partai Demokrat dan Partai Republik.

Sedangkan negara Indonesia menganut sistem multipartai. Indonesia sering dijuluki  sebagai negara dengan jumlah partai terbanyak di dunia. Bahkan dalam Pemilu tahun 1999 di Indonesia, pernah mencapai jumlah 54 partai. Jumlah partai yang sangat banyak ini menandai era baru yang disebut orde reformasi.

Menurut lembaga dunia Freedom House, di dunia ini terdapat sekitar 123 negara demokrasi pada tahun 2007. Sementara menurut lembaga World Forum on Democracy jumlahnya mencapai 120 dari total 192 negara yang ada di dunia.

Berawal dari konsep “demos” dan “cratos” atau “negara kerakyatan” di Athena, Yunani, konsep negara demokrasi berkembang ke seluruh dunia. Di masa modern, Amerika Serikat dan negara-negara Barat sering dijuluki sebagai kiblatnya demokrasi, meskipun kenyataannya tidak semua negaranya adalah demokrasi secara penuh.

Dewasa ini muncul istilah baru demokrasi liberal. Istilah ini dikategorikan dalam jenis demokrasi baru di abad modern. Demokrasi liberal dinilai sebagai cerminan atau pengaruh nilai-nilai liberal Barat yang masuk ke dalam dunia politik pemerintahan.

Demikian ulasan tentang negara demokrasi di dunia yang diwakili Amerika Serikat, India, Indonesia serta negara-negara Barat lainnya. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan demokrasi kita.

Selanjutnya : Tip-tip Perawatan Arwana Aquarium
Sebelumnya: Tip Hebat Berupa Kata-kata untuk Meyakinkan Hati Pacar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar