Negara dengan Sistem Politiknya di Dunia

Konsep tentang negara dengan sistem politiknya di dunia secara umum bisa dibagi dalam tiga macam, yaitu negara dengan sistem pemerintahan presidensial, sistem pemerintahan parlementer, dan sistem pemerintahan monarki.

Sedangkan, berdasarkan ideologinya, di dunia ini secara umum juga terbagi dalam tiga macam, yaitu negara dengan ideologi demokrasi, ideologi komunis sosialis, dan ideologi Islam. Tiga ideologi besar ini mendasari proses penyelenggaraan pemerintahan suatu negara di dunia saat ini.

Loading...

Selanjutnya, tentang bentuk negara, kita mengenal negara berbentuk republik (negara kesatuan), negara federasi (federal), dan negara monarki konstitusional. Suatu negara republik, dalam sistem pemerintahannya bisa saja memakai sistem presidensial atau parlementer.

Negara kita, Indonesia, adalah salah satu contoh negara berbentuk republik dengan sistem pemerintahan presidensial. Contoh negara lainnya seperti Amerika Serikat, Filipina dan beberapa negara di kawasan Amerika Tengah dan Amerika Latin.

Sementara, negara dengan sistem pemerintahan parlementer, misalnya Inggris, Australia, Singapura, dan sebagainya. Dalam sistem pemerintahan parlementer dikenal ada dua macam model parlemen, yaitu model unikameral dan model bikameral.

Sistem pemerintahan parlementer model unikameral adalah model pemerintahan dengan satu parlemen. Model unikameral juga sering disebut parlemen model satu kamar. Contoh negara dengan model ini seperti Turki, Yunani, Denmark dan sebagainya.

Sedangkan sistem parlementer model bikameral, parlemennya terdiri dari lembaga parlemen dan dua kamar (kamar atas dan kamar bawah). Kamar atas sering disebut dengan istilah senat atau dewan nasional. Sementara kamar bawah sering disebut dengan istilah majelis nasional, dewan perwakilan, dan sebaginya.

Contoh negara dengan model bikameral adalah Malaysia, Inggris, Italia, dan sebagainya. Di Malaysia, lembaga parlemennya terdiri atas parlemen nasional, Dewan Negara atau Senat (kamar atas), dan Dewan Rakyat (kamar bawah).

Bentuk pemerintahan selanjutnya adalah sistem pemerintahan monarki atau berbentuk kerajaan. Bentuk pemerintahan monarki bisa berupa monarki murni atau monarki campuran. Misalnya, negara Brunei Darussalam yang berbentuk monarki Islam absolut.

Negara Brunei dikepalai oleh raja atau sultan yang sekaligus sebagai kepala pemerintahan. Sementara, di Inggris adalah contoh monarki campuran dengan kepala negara seorang raja (ratu) dan kepala pemerintahannya seorang perdana menteri.

Demikian pembahasan seputar negara dengan sistem politiknya di dunia yang sekarang kita kenal. Semoga informasi ini bisa menambah khazanah ilmu pengetahuan kita.

Loading...
Selanjutnya : Tipe Jenis Perfume Di Dunia Yang Paling Mahal Dan Terkenal
Sebelumnya: Kebutuhan Tersier Masyarakat Modern Semakin Beragam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar