Bosnia, Negara Islam Di Eropa Selatan

Islam di Benua Biru, Eropa bukanlah agama mayoritas meski kini Islam berkembang dengan sangat pesat di berbagai negara Eropa. Jerman dan Belanda adalah dua negara Eropa dengan perkembangan Islam paling pesat di Eropa. Bahkan kini, Islam menjadi agama terbesar ketiga di Jerman setelah Katholik dan Protestan.

Namun siapa yang menyangka, bahwa dahulu Islam sangatlah berjaya di Eropa. Andalusia adalah salah satu bukti kejayaan Islam di Eropa dengan Avicena atau Ibnu Sina sebagai ilmuwan ternamanya. Tak banyak yang mengetahui pula bahwa Bosnia adalah negara Islam di Eropa Selatan, yang berpenduduk mayoritas beragama Islam.

Loading...

Sejarah Bosnia

Bosnia adalah negara pecahan dari Yugoslavia. Negara ini dianggap sebagai  titik perbatasan antara dua kebudayaan yakni kebudayaan barat dan kebudayaan timur.

Pada dahulu kala, Bosnia juga menjadi daerah perebutan dari Romawi Barat dan Romawi Timur. Perebutan barulah berakhir, ketika pada akhir abad ke-13 Bosnia ditaklukkan oleh Kekhalifahan Turki Usmani dan menjadikannnya sebagai wilayah dibawah kekuasaan Islam. Itulah sebabnya, banyak warga Bosnia yang pada mulanya beragama Kristen berpindah agama menjadi Islam.

Pindahnya agama sebagian besar warga kepada Islam, tidak disebabkan oleh takutnya mereka kepada pemimpin yang menaklukkan wilayah Bosnia, namun karena persamaan derajat yang dibawa dalam ajaran agama Islam yang tidak didapatkan pada agama mereka terdahulu.

Keyakinan warga Bosnia kepada agama mereka, membuat nyawa mereka terancam. Peristiwa tragis dan bengis yang dicatat oleh sejarah adalah upaya “genosida” atau pemusnahan etnis Bosnia Muslim yang dilakukan oleh Serbia, Radovan Karadzic.

Ribuan warga Bosnia tewas dengan cara yang mengenaskan, namun dunia seakan menutup mata dari kejahatan yang dilakukannya. Barulah kemudian di tahun 2008, setelah 13 tahun Karadzic berhasil bersembunyi, ia ditangkap dan berhasil disidangkan di pengadilan kejahatan perang di Denhaag, Belanda.

Dan kini meski Bosnia secara resmi menyatakan diri sebagai negara sekuler (tidak menyematkan negara terhadap salah satu agama), namun mayoritas warga yang memeluk agama Islam membuat Bosnia tetap identic sebagai negara Islam.

Bersama dengan negara lainnya yang berada di satu kawasan seperti Kroasia, Albania, Montenegro dan Kosovo menjadi bagian dari Negara-negara Islam  di Eropa Selatan.

Loading...
Selanjutnya : Contoh Artikel tentang Pengertian Pakaian Adat Betawi
Sebelumnya: Kecanggihan Kendaraan yang Digunakan Polisi Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar