Konsep Negara Kesatuan Indonesia


Negara kesatuan Indonesia adalah sebuah negara berdaulat secara hukum yang berbentuk negara kesatuan. Dalam sistem pemerintahannya, Indonesia menganut sistem presidensial dengan bentuk negara republik.

Penyebutan negara Indonesia secara lengkap adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Karena mengadopsi negara kesatuan, Indonesia tidak menganut sistem pemisahan kekuasaan (federal) melainkan pembagian kekuasaan.

Sebagaimana diketahui, dalam negara kesatuan pemerintahannya terbagi dalam pemerintahan pusat dan pemerintahan daerah. Di Indonesia kita kenal pemerintahan pusat di ibu kota Jakarta dan pemerintahan daerah provinsi dan kabupaten/kota.

Dalam negara kesatuan, pemerintahan pusat adalah pemegang kekuasaan tertinggi. Sedangkan, pemerintahan daerah bertanggung jawab secara penuh kepada pemerintahan pusat. Namun, pemerintahan daerah masih memiliki wewenang untuk membuat peraturan daerah (perda).

Dalam keadaan tertentu, suatu perda yang dihasilkan oleh pemerintahan daerah bisa saja dibatalkan atau dicabut oleh pemerintahan pusat. Hal ini terjadi jika suatu perda dinilai tidak sejalan dengan undang-undang dan peraturan pemerintah pusat.

Hal tersebut berbeda dengan bentuk negara federal yang membagi kekuasaan antara pusat dan daerah. Dalam negara federal, pemerintahan daerah memiliki undang-undang dan hukum sendiri. Demikian juga setiap daerah diakui sebagai negara berdaulat.

Dalam perjalanan sejarahnya, Indonesia pernah menerapkan konsep negara federal di masa kekuasaan Soekarno. Ketika itu disebut Republik Indonesia Serikat (RIS) yang kemudian beralih kembali menjadi negara kesatuan.

Republik Indonesia Serikat (RIS) terbentuk dalam kesepakatan Konferensi Meja Bundar (KMB) di Belanda pada 27 Desember 1949. Republik Indonesia Serikat terdiri atas tujuh negara bagian dan sembilan wilayah otonom. Negara RIS ternyata tidak berlangsung lama dan resmi dibubarkan pada 17 Agustus 1950 dan kembali ke bentuk negara kesatuan.

Konsep negara kesatuan banyak dipakai oleh negara-negara di dunia. Dewasa ini lebih dari 160 negara di dunia menerapkan konsep negara kesatuan. Sementara, negara lainnya menggunakan konsep negara federal.

China dan Indonesia (NKRI) adalah dua negara besar di dunia yang berbentuk negara kesatuan dengan wilayah negara yang sangat luas. Sementara, negara Prancis, Belanda, Spanyol, Britania Raya (Inggris) adalah beberapa contoh negara maju yang juga berbentuk negara kesatuan.

Demikianlah pembahasan tentang konsep negara kesatuan Indonesia. Semoga informasi singkat ini bisa menambah wawasan kita tentang kebangsaan, agar lebih mencintai negara kita Indonesia tercinta.

Selanjutnya : Macam Cerita Lucu atau Anekdot
Sebelumnya: Cara Melukis Body Painting
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar