Mengenal Negara-negara Afrika


Negara negara Afrika merupakan sekumpulan negara yang berada di kawasan benua Afrika yang sangat luas. Benua Afrika dikenal sebagai benua terbesar kedua di dunia setelah benua Asia, dengan luas lebih dari 30 juta kilometer persegi.

Saat ini, benua Afrika didiami oleh 54 negara yang terbagi menjadi Afrika Utara, Afrika Selatan, Afrika Timur, Afrika Barat, dan Afrika Tengah. Sebagian besar negara di benua ini adalah bekas jajahan Inggris, Belgia, Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, dan Portugal.

Dengan luas sekitar 20 persen dari total daratan bumi, benua Afrika kini didiami lebih dari 1 miliar manusia. Menurut lembaga PBB, jumlah ini hampir setara dengan sepertujuh dari total populasi manusia di bumi.

Populasi terbesar berada di negara Nigeria dengan jumlah sekitar 133 juta penduduk. Kemudian disusul negara Mesir dengan populasi sekitar 80 juta penduduk, Ethiopia 75 juta penduduk, Kongo 63 juta penduduk, dan Afrika Selatan 47 juta penduduk.

Negara dengan populasi terendah adalah Saint Helena dengan populasi sekitar 4 ribu penduduk. Negara ini merupakan koloni Inggris yang luasnya sekitar 3.926 km2 dan ibu kotanya berada di Jamestown. Bahasa Inggris adalah bahasa resmi di negara ini.

Sementara, negara terluas wilayahnya di benua Afrika adalah Sudan. Wilayahnya seluas lebih dari 2,5 juta km2. Disusul kemudian negara Kongo dengan luas 2,344 juta km2 dan Aljazair 2,381 juta km2. Melilla yang luasnya 20 km2 adalah negara koloni Spanyol yang wilayahnya terkecil.

Di bidang ekonomi, negara-negara yang terbilang maju di Afrika adalah Guinea dengan pendapatan per kapita mencapai $16 ribu. Kemudian Mauritius dengan $13 ribu per kapita, Libia dan Afrika Selatan dengan $12 ribu per kapita. Menurut PBB benua Afrika adalah benua termiskin di dunia.

Kemiskinan dan penyakit HIV dan AIDS merupakan persoalan pelik sejak lama di benua Afrika. Sekitar 2/3 penderita AIDS di dunia berada di Sub-Sahara Afrika yang jumlahnya sekitar 26 juta orang. Sementara, total penderita AIDS dunia sekitar 40 juta orang.

Inilah informasi tentang negara negara Afrika yang mendiami benua terbesar kedua dunia. Meskipun wilayahnya sangat luas, namun benua ini masih terbilang miskin dengan persoalan AIDS yang sangat kompleks.

Selanjutnya : Tips Menambah Speed Internet
Sebelumnya: Cara Memasak Cumi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar