Negara Pantai Emas, Ghana atau Pantai Gading?


Negara pantai emas adalah julukan sebuah negara yang berada di Benua Afrika, yakni Ghana. Namun, negara tetangga Ghana, Pantai Gading juga kadang disebut dengan negara pantai emas. Lalu siapa sebenarnya negara pantai emas jika dilihat dari sejarah?

Berdasarkan tinjauan sejarah, Ghana adalah negara yang sebenarnya mendapat julukan sebagai negara dengan pantai emas. Pasalnya, sebelum negara ini dikenal dengan sebutan “Ghana”, negara ini dijuluki sebagai negara pesisir emas yang memiliki arti yang sama dengan pantai emas.

Sedangkan negara tetangganya, Pantai Gading, akhir-akhir ini juga sering dijuluki sebagai negara pantai emas karena memiliki sejumlah kemiripan dengan Ghana. Tak hanya itu, Ghana dan Pantai Gading merupakan jiran atau bertetangga yang berbatasan secara langsung, tak heran ada kemiripan pada keduanya.

Ghana

Ghana ini sebelumnya sering disebut dengan pesisir emas atau negara pantai emas. Negara ini kemudian disebut dengan nama Ghana setelah berdiri Kerajaan Ghana yang memiliki wilayah kekuasaan lebih luas dari wilayah Ghana saat ini. Sebelah utara, Ghana berbatasan dengan Negara Burkina Faso, sedangkan sebelah timur berbatasan dengan Togo, dan sebelah barat berbatasan dengan Pantai Gading.

Ghana beribukota di Accra dan merupakan negara penghasil aluminium terbesar di Benua Afrika. Ghana juga merupakan negara asal Kofi Annan. Seperti yang kita ketahui, Kofi Annan adalah mantan Sekjen PBB.

Lalu mengapa negara ini disebut dengan dengar pesisir emas? Apakah pantainya memiliki pasir berwarna keemasan atau kekuning-kuningan? Ternyata tidak, karena sepanjang pantai Negara Ghana ini berdiri katil yang dibangun oleh negara-negara Eropa, seperti Belanda, Perancis, Portugis, dan negara lainnya untuk berdagang emas, gading, dan budak.

Pantai Gading

Pantai Gading ini juga sering dijuluki sebagai negara pantai emas karena memang lokasinya bertetangga dengan negara pantai emas yang sebenarnya. Alasan penyebutan Negara Pantai Gading dengan pantai emas ini sama dengan Ghana, yakni sepanjang pesisir pantai ini digunakan untuk berdagang emas, gading gajah, dan budak.

Negara Pantai Gading ini sebelah timur berbatasan dengan Ghana, sebelah utara berbatasan dengan Burkina Faso dan Mali, serta sebelah barat berbatasan dengan Guinea dan Liberia. Negara Pantai Gading ini beribukota di Yamoussoukro dan merupakan negara penghasil cokelat atau kakao terbesar di dunia saat ini.

Berdasarkan pembahasan ini, sudah tahukan negara mana yang mendapat julukan negara pantai emas?

Selanjutnya : Beberapa Cara Mengukur Luas Daun
Sebelumnya: Ciri Batu Blue Safir Asli
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar