Negara Pembuat Mobil Proton


Negara pembuat mobil Proton ialah negara tetangga kita, Malaysia. Hingga kini. Malaysia adalah satu-satunya negara di ASEAN yang berhasil membuat mobil nasional yang produksinya masih terus berjalan dan semakin berkembang. Bahkan mobil Proton bisa dikatakan adalah mobil kebanggaan negeri jiran tersebut. Apalagi mobil Proton juga berhasil menembus pasaran mobil di beberapa negara  seperti Australia, Inggris, dan negara tetangganya, Indonesia.

Mobil Proton Produksi Malaysia

Negara tetangga kita tersebut telah berhasil mendirikan industri mobil otomotif dengan nama Perusahaan Otomobil Nasional Sdn Bhd (Proton). Proton   didirikan pada tanggal 7 Mei 1983 atas perintah PM Malaysia pada waktu itu, yaitu Mahathir Muhammad. Pabrik mobil yang merupakan BUMN di negara jiran itu bekerja sama dengan produsen mobil Mitsubishi Motor Corp.

Mobil Proton memulai produksi pertamanya di tahun 1985 dengan mengeluarkan seri Proton Saga. Selama sepuluh tahun lamanya Proton  menjadi satu-satunya mobil yang dihasilkan  negara tersebut, hingga kemudian di tahun 1993, berdirilah perusahaan mobil lainnya, Perodua.

Kantor pusat Proton berada di Shah Alam, ibukota Negeri Selangor. Selain sebagai kantor pusat, di tempat itu juga  juga terdapat pabrik yang memproduksi antara lain Proton Saga, Exora dan Inspira. Selain itu ada juga pabrik kedua yang terletak di Tanjung Malim.

Daerah ini  berjarak sekitar 81 km dari Kuala Lumpur. Di pabrik kedua ini, proton dengan jenis Proton Persona, Gen2, dan Preve (model sedan keluaran terbaru) menjalani beberapa proses seperti stamping, body assembly dan painting.

Pabrik kedua ini berada di atas lahan seluas 1.280 are. Dengan tempat seluas itu pabrik ini disebut juga Proton City. Penamaan ini diberikan karena di area seluas itu terdapat banyak tempat layaknya sebuah kota kecil. Ada town centre, pusat rekreasi, perumahan, bahkan universitas.

Kini Proton terus berinovasi untuk menghasilkan mobil dengan berbagai keunggulan. Termasuk mengembangkan proton jenis hybrid dan mempersiapkan  varian terbaru yang siap memasuki pasar penjualan di  Indonesia, yaitu Proton jenis  MPV Exora turbo dan Proton Preve.

Sebagai negara pembuat mobil proton, Malaysia memang patut berbangga. Kemajuan ini membuktikan bahwa Malaysia adalah negara yang patut untuk diperhitungkan. Bahkan bisa dikatakan mengungguli negara-negara ASEAN lainnya.

Selanjutnya : Modifikasi Mega Pro Seperti Ninja
Sebelumnya: Motor Pertama 2 Tak Yamaha
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar