Negara Pendapatan Nasional


Negara pendapatan nasional ada dalam pajak. Pajak memiliki manfaat yang beragam. Dari pajaklah negara mendapatkan masukan, menggaji pengawainya, serta membiayai para pejabatnya. Negara mau tidak mau harus menerapkan pajak untuk rakyat.

Pendapatan Nasional

Memang, ada negara yang membebaskan pajak untuk rakyat atau memberikan beban pajak sangat kecil. Itu pun hanya untuk hal tertentu, seperti pajak sepeda motor dan pajak kendaraan roda empat lainnya. Oleh karena itu, rakyatnya merasakan kesejahteraan yang luar biasa.

Pajak kendaraan bermotor dan pajak penghasilan tersebut disetorkan ke kantornya masing-masing. Jika pajak kendaraan bermotor disetorkan setiap setahun sekali ke kantor sistem manunggal satu atap atau yang dikenal dengan nama kantor samsat, maka pajak penghasilan disetorkan di kantor pajak. Setiap bagian ada pengurusnya sendiri. Kedua hal itulah yang menjadi sumber pendapatan utama negara.

Tetapi, yang namanya manusia selalu ada kesalahannya, kasus penyelewengan pajak juga banyak terjadi. Kejahatan sepertinya sudah ada sejak awal pertama kali Nabi Adam dilahirkan. Bahkan, di atas muka bumi ini kejahatan pertama kali adalah pembunuhan yang dilakukan oleh anak Adam.

Beberapa waktu lalu, di Indonesia muncul kasus pajak yang cukup mencengangkan, yaitu korupsi pajak sampai ratusan miliar, bahkan triliun. Dengan adanya kasus ini, tentu saja menjadikan kepercayaan rakyat berkurang. Akhirnya, mereka seakan enggan untuk membayar pajak karena ujung-ujungnya akan dikorupsi oleh para pejabat negara.

Akan tetapi, sebagai warga negara yang baik dan juga memiliki agama, seharusnya kita memilih untuk tetap husnudhon saja. Sebab, apapun kelakuan manusia dan sekecil apapun kelakuannya, tentu Allah akan membuat perhitungan, baik di dunia maupun akhirat. Tidak akan ada orang yang bisa lolos dari pengadilan Allah di padang mahsyar.

Demikianlah artikel singkat yang berjudul negara pendapatan nasional. Semoga informasinya bermanfaat untuk Anda semua.

Selanjutnya : Primbon Jawa Tentang Karir Dimasa Depan
Sebelumnya: Negara-negara Beriklim Sedang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar