Negara Terkuat Asia Tenggara


Disegani dan diperhitungkan oleh negara lain merupakan salah satu kebanggaan dari negara-negara besar yang ada di seluruh dunia. Sebagai negara yang terletak dikawasan asia tenggara, Indonesia termasuk salah satu negara terkuat asia tenggara. Klaim tersebut dilontarkan oleh Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro. Beliau membuktikan beberapa peristiwa yang menunjukkan bahwa tentara laut indonesia sangat disegani keberadaannya oleh negara-negara lainnya.

Diantara peristiwa yang menunjukkan indonesia sebagai negara terkuat asia tenggara adalah :

  • Ada kejadian dimana ada kapal nelayan dari satu negara yang dikawal oleh kapal perang negara yang lebih besar. Kemudian mereka bertemu dengan patroli laut indonesia di perbatasan, dengan tangguhnya tentara kita mendorong mereka keluar dari wilayah kita dan menahan nelayannya.
  • Kejadian ini terjadi pada tahun 2002, dimana pada saat itu terjadi satu perjanjian jika wilayah perbatasan tersebut dalam status quo. Nah, ternyata negara tetangga dengan enaknya membangun beberapa gedung, yang diantaranya gedung bea cukai, gedung pertanian yang terletak di wilayah perbatasan. Mengetahui hal itu, tentara indonesia langsung geram dan membongkar semuanya.
  • Peristiwa yang ketiga yakni ketika ia mendengar sendiri dari para komandan lapangan dari negara tetangga yang ketika itu tengah selesai mengikuti latihan gabungan dengan tentara Angkatan Laut Indonesia. Dari perbincangan tersebut, dia mendengar pengakuan para komandan tentang kekuatan armada Indonesia yang tidak kalah dengan kekuatan armada negara lain di Asia Tenggara.

Nah, mungkin Anda baru tahu jika Indonesia termasuk salah satu negara terkuat asia tenggara diantara negara lainnya. Bukti akurat lainnya yang membuat kita patut berbangga sebagai bangsa Indonesia adalah saat posisi militer Negara Kesatuan Republik Indonesia kita yang tercinta ini berada pada peringkat 15 besar di mata dunia. Nah, untuk rangking Kekuatan Militer kategori Asia Pasifik 2013, indonesia masuk peringkat ke tujuh. Hal itu tentunya menunjukkan bahwa militer indonesia jauh lebih unggu dibandingkan negara-negara tetangga di Asia Tenggara, seperti Thailand yang berada pada peringkat 20 dunia, Vietnam yang berada pada peringkat 25 dunia, Malaysia yang berada pada peringkat 33 dunia, dan Singapore yang berada pada peringkat 47 dunia. Meskipun militer kita tidak lebih unggul segala-galanya dibandingkan dari negara-negara tetangga lainnya, setidaknya negara indonesia mempunyai beberapa keunggulan kompetitif, yang diantaranya : Manpower, Resources dan Logistical.

Selanjutnya : Orang Asli Rote
Sebelumnya: Nama-nama Pulau Besar di Indonesia Beserta Asal Usul Namanya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar