Singapura, Negara Termaju di Asia Tenggara


Singapura bisa dibilang merupakan negara termaju di Asia Tenggara. Meskipun wilayah negaranya kecil, namun prestasinya mampu mangungguli negara-negara lain yang wilayahnya lebih luas di kawasan Asia Tenggara.

Kawasan Asia Tenggara adalah bagian dari benua Asia yang terletak di bagian tenggara. Wilayahnya meliputi kawasan Indochina dan Semenanjung Malaya. Kawasan ini juga disebut kawasan India Belakang yang berbatasan dengan anak benua India di bagian barat.

Kawasan Asia Tenggara dibatasi oleh wilayah negara China di bagian utara dan Samudra Hindia di selatan. Sementara, di bagian barat berbatasan dengan Teluk Benggala serta wilayah India, dan di sebelah timur dibatasi oleh Samudera Pasifik.

Negara-negara di kawasan Asia Tenggara sekarang ini telah berjumlah 11 negara. Negara Laos, Vietnam, Thailand, Kamboja, dan Myanmar merupakan negara-negara yang termasuk kedalam kelompok Asia Tenggara Daratan.

Sementara, Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina, serta Timor Leste merupakan negara-negara yang termasuk kawasan Asia Tenggara Maritim. Timor Leste yang sebelumnya bagian dari Indonesia, merupakan negara baru yang tergabung ke kawasan Asia Tenggara.

Di antara kesebelas negara tersebut, Singapura adalah negara yang paling maju di kawasan Asia Tenggara. Pada tahun 2010, PDB Singapura mencapai $194.918 miliar dengan pendapatan per kapita $40.336. Kegiatan ekspor dalam bidang manufaktur merupakan penyumbang terbesar terhadap PDB Singapura.

Singapura juga dikenal sebagai empat macan Asia bersama Hongkong, Taiwan, dan Korea Selatan. Sebutan macan Asia dipakai karena keempat negara tersebut merupakan negara terkuat di bidang perekonomian di kawasan ini.

Perekonomian Singapura juga terkenal sebagai kawasan paling ramah bisnis di dunia. Selain itu, Singapura juga dikenal sebagai kelompok sepuluh negara di dunia yang paling terbuka, kompetitif dan inovatif dalam perekonomian negaranya.

Singapura yang wilayahnya sudah mencapai luas 720,2 km2, ternyata tidak hanya unggul di kawasan Asia Tenggara saja tetapi juga unggul di dunia. Selain dalam perekonomian, Singapura juga sangat maju dalam bidang pariwisatanya dengan jumlah pengunjung mencapai 10,2 juta orang di tahun 2007.

Demikian sekilas tentang Singapura yang merupakan negara termaju di Asia Tenggara. Dengan pendapatan per kapita mencapai $40.336, Singapura setara dengan negara-negara maju lainnya di dunia.

Selanjutnya : Membuat Cerita Lucu dan Teka-Teki Lucu
Sebelumnya: Cara Memakai Twitter
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar