Adakah Negara yang Termasuk Wilayah Kutub Utara?

Adakah negara yang termasuk wilayah kutub utara? Pertanyaan seperiti ini seringkali muncul ketika membicarakan wilayah Kutub Utara. Kutub Utara adalah sebuah lokasi yang mempunyai letaknya berada paling utara atau yang teratas pada bumi. Hanya Kutub Utara yang daerahnya dilalui garis lintang sebesar 900 lintang utara. Garis ini tepatnya terletak di utara garis khatulistiwa.

Iklim yang menyelimuti wilayah Kutub Utara ini dinamai iklim kutub. Iklim kutub adalah suhu yang amat dingin dan hanya terjadi di Kutub Utara dan Kutub Selatan bumi. Karena memiliki iklim yang sangat dingin, sehingga menyebabkan hampir sebagian besar air yang ada di sana dalam kondisi membeku. Bahkan daerah ini harus mengalami musim dingin yang panjang sekali dan dengan kondisi musim panas yang singkat.

Hal tersebut menyebabkan tanah yang ada di sana membeku sepanjang tahun dan tentu saja tidak ada tanaman yang dapat hidup kecuali jenis lumut dan semak belukar. Ada empat macam definisi yang dpat menggambarkan wilayah Kutub Utara,  yakni sebagai berikut.

1.    Kutub utara geografis, definisi pertama ini juga seringkali disebut sebagai utara sejati karena di sini adalah tempat pertemuan antara sumbu utara bumi di atas permukaannya.

2.    Kutub Utara Magnetic, yakni posisi ini terdapat medan geomagnetic dengan posisi vertical dengan ukuran 90 derajat.

3.    Kutub utara Geomagnetik, yakni terdapat momen dipole yang terdapat pada daerah geomagnetic yang ada di permukaan bumi.

4.    Kutub tidak terakses utara, yakni lokasi terjauh dari bagian laut manapun.

Meskipun ada hewan yang mampu hidup di kutub utara, yakni penguin dan beruang kutub. Hingga saat ini tidak ditemukan satu orang pun manusia yang mampu hidup di sana.

Namun, hal yang terjadi adalah negara yang termasuk wilayah di Kutub Utara, yakni Rusia tepatnya wilayah Murmansk terdapat sekira 325. 100 jiwa, Norilsk yang terdapat 135.00 jiwa, Vorkuta 85.000 jiwa. Kemudian Norwegia, yakni wilayah Tromso 68.000 jiwa. Masyarakat wilayah Bodo sebanyak 47.000 jiwa, Amerika Utara tepatnya wilayah Greenland sebanyak 5000 jiwa, dan Kanada terdapat 4000 jiwa serta Rovaniemi yang bagian dari Finlandia memiliki 58.000 jiwa.

Jadi, negara yang termasuk wilayah Kutub Utara adalah Norwegia, Swedia, Finlandia, Rusia, Amerika Serikat, Kanada, Denmark, dan Islandia. Semoga uraian tersebut memberikan wawasan Anda.

Selanjutnya : Cara Pembuatan Seni Kriya Bernilai Hasta Jual
Sebelumnya: Kode Etik Profesional PR yang akan Meningkat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...