Keunikan Negeri India

Sekilas apa yang terlintas dalam pikiran jika mendengar orang menyebutkan negeri India? Pastilah sebagian besar akan membayangkan aktor ganteng Shahrukh Khan atau si cantik Kareena Kapoor dalam film Bollywoodnya yang memukau serta goyangan para dancer yang menghentak-hentak tajam. Kira-kira apa saja fakta dari India yang terbagi menjadi dua, yakni India Utara dan India Selatan?

Fakta di India

Loading...

Berikut akan dijelaskan beberapa fakta di negeri India, seperti wilayah, kuliner, dan bahasanya.

• Wilayah India

India Utara dan India Utara memiliki perbedaan. Jika India Utara akan ditemukan jejak jalur pendakian Himalaya dan sebagian daerahnya memiliki iklim sub tropis. Jadi memang bersuhu dingin. Daerah Utara ini termasuk perbatasan antara Palestina dan Khasmir. Sedangkan India bagian selatan tampak lebih eksotis karena wilayahnya yang hangat dan memiliki tempat wisata menarik. Di sinilah pusat daerah wisata India.

• Kuliner India

Karena wilayah selatan termasuk daerah tropis hangat, maka mempengaruhi kulinernya yang terkenal dengan bumbu-bumbu rempahnya yang spicy. Sedangkan wilayah utara India kebanyakan makanannya berbahan keju dan susu.

• Bahasa yang digunakan

Berdasarkan bahasa yang digunakan memang tergantung atas 2 jenis suku di India, yaitu suku Arya dan Dravida. Bahasa Dravida digunakan oleh 24% populasi, 74% digunakan sehari-hari bangsa Arya, dan sisanya beragam jenis bahasa yang ada dari wilayah Tibet-Birma sampai Autro Asiatik.

Namun, bahasa yang seringkali digunakan adalah Hindi sehingga bahasa Hindi menjadi bahasa resmi oleh pemerintahan Hindia.

• Keamanan

Berhati-hatilah jika sampai berkunjung di India. India termasuk negara berkembang sama dengan Indonesia dimana kemakmuran sipilnya belum merata. Ada daerah yang sebagian kumuh, sebaliknya ada wilayah yang elit membuat ketimpangan sosial dimana-mana. Potret ketimpangan itu bisa dilihat dari banyaknya para penjambret dan pelaku tindakan kriminal lain yang berani menjarah atau mencopet harta para wisatawan. Ditambah lagi kesemrawutan jalan raya India yang bikin sumpek dan macet.

• Kuil-Kuil Suci

Mayoritas masyarakat India memang beragama Hindu sehingga mereka berdoa dalam kuil-kuil suci. Ada pemandangan yang menarik di sekitar sungai Gangga, dekat kuil. Tampak hewan sapi begitu diperlakukan khusus dan dihormati bahkan diajak berdoa dalam kuil.

• Gudang Artis Dunia

Semua mata dunia mengakui bahwa India terkenal dengan aktor dan aktris cantiknya. Apalagi India adalah gudang perfilman Bollywood yang terkenal begitu hebat.

Demikian uraian singkat mengenai negeri India. Semoga bisa memberikan informasi bagi Anda.

Loading...
Selanjutnya : Pakan Burung Kacer
Sebelumnya: Makalah Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar