Pengertian Nekton dan Bentos


Nekton dan Bentos adalah sekumpulan ekosistem yang hidup di dalam air. Mereka hidup saling memengaruhi satu sama lain. Hewan laut ini pun cukup berpengaruh bagi kehidupan manusia pada masa kini.

Kelompok Hewan Laut

Ada beberapa jenis kelompok hewan yang ada di dasar laut, seperti :

1. Definisi Nekton
Nekton adalah organisme hewan yang hidup di perairan air laut. Hewan laut yang termasuk nekton adalah ular, udang, paus, kepiting, penyu, dan sebagainya. Hewan nekton ini sangat bermanfaat bagi manusia. Selain ikan yang bisa dikonsumsi sebagai lauk untuk menambah gizi, juga sebagai kebutuhan pokok kehidupan seperti gas dan minyak bumi. Bangkai nekton bisa berubah menjadi gas dan minyak bumi jika didiamkan beberapa puluh tahun kemudian. Maka, manusia dilarang menghancurkan hewan laut termasuk jenis nekton.

2. Definisi Bentos
Bentos merupakan organisme hewan yang hidup di dasar laut. Hewan ini biasanya mengikuti arah arus yang berjalan. Ketika air laut surut, hewan-hewan ini akan terlihat dari daratan. Hewan ini sering menggali lobang dan tinggal di dalam pasir untuk menghindari cahaya matahari jika berada di permukaan. Hewan berjenis bentos ini hidupnya di dalam karang, di bebatuan, dan di pasir.

Ekosistem bentos ini sangat penting bagi kehidupan. Jika hewan ini mati dan membusuk, bangkainya akan berubah menjadi nutrisi bagi semua hewan laut termasuk tumbuhan laut seperti rumput laut. Bentos ini juga berfungsi sebagai penilik kualitas air. Jika air tersebut dihuni oleh hewan bentos, artinya air itu bagus. Hewan bentos hidup di tempat-tempat yang jernih walau tempat tinggalnya selalu bersembunyi di balik batu atau menyelam di bawah lumpur atau pasir.

Jenis Bentos

Ada 3 jenis hewan bentos ini, yaitu:

  • Hewan merayap misalnya udang dan kepiting.
  • Hewan menempel misalnya spon dan tiram
  • Hewan meliang seperti cacing, kerang, dan bulu babi

Penjelasan di atas adalah sebagai bukti bahwa semua hewan laut seperti kelompok nekton dan bentos sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dan hewan laut sebagai rantai makanan. Jika kelompok hewan nekton dan bentos musnah, maka ekosistem di dalam laut pun tidak bekerja secara seimbang. Manusia pun akan mengalami dampak yang cukup besar. Seperti sekarang ini sudah banyak jenis hewan yang langka karena keserakahan manusia mencari hewan laut secara berlebihan.

Selanjutnya : Keuntungan Kartu Kredit Mandiri
Sebelumnya: Keadaan Perhotelan di Bali : Jeli Memilih Penginapan di Bali
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar