Niat Salat Sunnah Setelah Akad Nikah


Bagi pasangan yang akan melangsungkan akad nikah, penting mengetahui salah satu tuntunan dalam agama Islam yaitu salat sunnah sesudah akad nikah. Mereka hendaknya mengetahui niat salat sunnah setelah akad nikah beserta doa-doanya.

Salat Sunnah

Selain salat sunnah setelah akad nikah, agama Islam juga mengajarkan untuk salat sunnah sebelum berlangsungnya akad nikah. Khususnya bagi calon mempelai laki-laki sangat dianjurkan untuk melaksanakan salat sunnah ini.

Adapun tata cara salatnya sama seperti salat sunnah pada umumnya dengan dua rakaat. Untuk niat salat sunnah sebelum akad nikah adalah sebagai berikut:

shalat sunnah 1

Setelah salat sunnah dianjurkan berdoa agar prosesi akad nikah berjalan lancar. Selain itu juga memohon kepada Allah agar akad nikah yang akan dilangsungkan mendapatkan rahmat dan keberkahan dari Allah SWT.

Selesai akad nikah, maka kedua mempelai laki-laki dan perempuan secara resmi menjadi suami-istri yang sah. Mereka sudah halal satu sama lain dalam berhubungan. Meski demikian, agama Islam memberikan tuntunan untuk tidak tergesa-gesa untuk urusan hubungan intim suami-istri ini.

Dalam syari’at Islam diajarkan untuk melaksanakan salat sunnah setelah berlangsungnya akad nikah. Salat ini sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat Allah dalam seluruh prosesi akad nikah. Adapun niat salat sunnahnya:

shalat sunnah

Tuntunan agama Islam dalam urusan menikah meliputi semua aspek dan bisa jadi merupakan tata cara pernikahan yang paling sempurna. Selain serangkaian prosesi akad nikah, dalam agama Islam diajarkan untuk salat sunnah.

Selanjutnya, ketika akan melakukan hubungan badan suami istri (jima’) pada malam pertama, sang suami disunnahkan berdoa. Doa ini sering disebut doa pengantin malam pertama. Memohon kepada Allah untuk kebaikan dua insan berbeda karakter menjadi pasangan yang harmonis. Doanya adalah seperti berikut:

shalat sunnah 2

Doa tersebut diucapkan sambil sang suami meletakkan telapak tangan di ubun-ubun istrinya. Selesai mengucapkan doa malam pertama ini, bisa dilanjutkan doa sebelum berhubungan badan yang sudah umum diketahui.

Sebuah hadits tentang perintah salat sunnah setelah akad nikah, diriwayatkan oleh Ibnu Syaibah, yang diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud, bahwasannya Rasulullah SAW bersabda:

shalat sunnah 3

shalat sunnah 4

Demikian ulasan tentang niat salat sunnah setelah akad nikah dan tata caranya. Sesuai tuntunan dalam agama Islam, kedua mempelai hendaknya melaksanakan hal ini demi meraih rahmat dan ridho Allah SWT.

Selanjutnya : Nicole Kidman dan Tom Cruise Bercerai
Sebelumnya: Tip-tip Translate Inggris Sesuai Grammar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar