Cara Mudah Menentukan Nilai-nilai Sudut Istimewa dari 0 Hingga 360 Derajat


Berapakah nilai-nilai sudut istimewa dari 0 hingga 360 derajat? Matematika memang menjadi momok mata pelajaran bagi sebagian orang yang tidak suka bergelut dengan angka. Pelajaran yang biasanya dianggap sulit adalah trigonometri.

Berbagai macam rumus yang digunakan untuk mencari sudut memang membuat banyak orang bingung. Meskipun demikian, nilai nilai sudut istimewa dari 0 hingga 360 derajat akan membantu memudahkan Anda dalam mencari nilai sudut yang ditanyakan, terutama bagi Anda yang tidak ingin lama-lama berkutat dengan rumus.

Sebenarnya, matematika bisa dibuat menyenangkan asalkan kita tahu caranya. Untuk mencari sudut pun ada cara tersendiri agar tidak terlalu sulit. Biasanya, nilai dari sudut ini dihafalkan karena selain sering dikeluarkan saat ujian, soal-soal trigonometri yang diberikan bagi para pemula biasanya menggunakan sudut-sudut istimewa.

Trigonometri

Sudut istimewa trigonometri dinyatakan dalam derajat, mulai dari 0, 30, 45, 60, 90, 180, 270, dan 360. Ciri khas trigonometri adalah sinus, cosinus, dan tangen yang menyatakan besar sudut. Untuk mengetahui nilai tangen, maka Anda harus membagi sinus dengan cosinus.

Mengetahui besar sudut istimewa trigonometri akan semakin mudah jika Anda membuat tabel untuk mengelompokkannya. Cara membuat tabel sudut istimewa trigonometri sangat mudah, pada baris pertama, Anda harus menuliskan besar sudut pada beberapa kolom berbeda, sedangkan di bagian kiri tuliskan sin, cos, dan tan secara vertikal pada tiga baris berbeda. Nah, sekarang Anda sudah mempunyai tabel sudut dan besar sudutnya.

Langkah selanjutnya adalah mengisikan angka di dalamnya. Sebenarnya, dengan mengisikan dua buah data, Anda bisa menghitung besar sudut ketiga dengan memasukkannya ke dalam rumus. Meskipun demikian, karena ini mudah, tidak ada salahnya jika Anda mengingat-ingatnya saja.

Setiap kuadran memiliki besar nilai sudut istimewa yang berbeda, misalnya saja pada kuadran satu yang besar sudutnya dari 0 sampai 90, maka nilai sinus, cosinus, dan tangen semuanya bernilai positif. Pada kuadran dua, hanya sinus yang akan bernilai positif. Pada kuadran tiga, semua nilai tangen akan positif, dan pada kuadran empat, hanya cosinus yang bernilai positif.

Kesalahan yang terjadi adalah banyak yang tidak memperhatikan letak kuadran, sehingga nilai sudut pun menjadi salah. Dengan adanya nilai nilai sudut istimewa dari 0 hingga 360 derajat, diharapkan trigonometri menjadi lebih mudah.

Selanjutnya : Berbagai Macam Perayaan Maulid Nabi di Luar Negeri
Sebelumnya: Nama Ilmiah Tanaman yang Dimanfaatkan Rhizomanya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar