Inilah Nilai-nilai yang Terkandung dalam Pancasila Sila ke 3


Pancasila adalah dasar negara Republik Indonesia yang lahir pada tanggal 1 Juni 1945. Sesuai dengan namanya, Panca sila terdiri dari lima sila di mana masing-masing sila memiliki nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Pada artikel kali ini saya akan membahas nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sila ke 3 yang berbunyi “Persatuan Indonesia”.

Apa sebenarnya nilai yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila tersebut? Secara umum, sila ketiga ini melambangkan nilai persatuan di nara Indonesia. Indonesia adalah negara yang terdiri dari 17.000 lebih pulau Dean jumlah penduduk mencapai lebih dari 230 juta jiwa yang di dalamnya terdiri dari banyak suku, ras, golongan, dan agama. Melalui dasar dari Pancasila sila ketiga yang berbunyi “Persatuan Indonesia” ini kita diharapkan dapat menjaga persatuan dan kesatuan, serta keutuhan negara Indonesia yang terdiri dari berbagai macam etnis dan golongan.

Membahas nilai-nilai yang terkandung dalam sila ketiga ini tak bisa lepas dari nilai persatuan dan kesatuan negara Republik Indonesia. Pancasila sila ketiga ini mengandung makna dan nilai tentang pentingnya menjaga keutuhan negara Indonesia. Selain itu, nilai pada sila ketiga pada Pancasila ini juga mengandung arti rela berkorban demi negara dan bangsa Indonesia.

Tak hanya itu, sila ketiga Pancasila ini juga mengandung perwujudan rasa cinta kepada negara Indonesia dan bangga menjadi bagian dari negara Indonesia. Indonesia juga memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti bermacam-macam tetapi tetap satu jua. Kata “satu” ini bisa dimaknai sebagai satu tujuan, satu misi, dan satu kesatuan di bawah negara Republik Indonesia. Senantiasa menjaga toleransi antar umat beragama, suku, ras, golongan, dan etnis agar persatuan dan perdamaian dapat terpelihara dengan baik.

Selain itu, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sila ke 3 ini juga merupakan sebuah dasar dan himbauan. Sebagai dasar untuk menjaga persatuan dan kesatuan negara Indonesia. Himbauan bagi rakyat Indonesia  untuk terus memelihara dan memupuk rasa persatuan dan cinta terhadap Tanah Air Indonesia. Marilah kita sebagai warga negara Indonesia ini mengamalkan nilai dan makna Pancasila sila ke 3 ini agar persatuan dan kesatuan tetap terjaga.

Selanjutnya : Contoh Tugas Akhir Prosedur Perekrutan Karyawan
Sebelumnya: Cara Menghindari Penularan Patogen
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar