Nilai yang Terkandung Dalam Sila Kelima Pancasila

Nilai yang terkandung dalam sila kelima pancasila yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Warga Negara Indonesia memiliki hak  dan kewajiban yaitu menciptakan kesinambungan, saling menghargai antar tetangga, membentuk jiwa sosial yang tinggi seperti  menerapkan sistem gotong royong dan saling membantu antar sesama.

Selain itu agar tercipta keadilan sosial masyarakat hendak menantaati peraturan yang berlaku.    Sebagai warga Negara yang baik hendaknya menghindari perkelahian, menjujung tinggi nilai persaudaran dalam kehidupan sosial.

Sedangkan hak dari warga negara yaitu memiliki kehidupan yang layak seperti mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan diri sehingga bisa memenuhi kebutuhan hidup  anggota keluarga. Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan. Bila dia tidak mampu maka pemerintah wajib memberi bantuan dengan sekolah secara gratis.

Agar bangsa ini terbebas dari yang namanya buta huruf dan kebodohan. Dalam nilai yang terkandung dalam sila kelima Pancasila, setiap warga Negara memiliki hak bebas memeluk agama masing-masing. Mau memeluk agama hindu, budha, Kristen, Islam,  dan lainnya, tergantung dari kepercayaan  masing-masing individu. Hendaknya masing masing individu, tidak mengusik dan saling menghargai satu sama lain.

Biarkan perbedaan yang menjadi penyatu.  Memiliki hak yang sama di mata hukum. Tidak ada yang berbeda mau kaya, miskin, pejabat, pengemis, pedagang, pengusaha, wanita, laki-laki, siapa yang melakukan kesalahan harus di hukum sesuai dengan hukum yang berlaku.

Contoh Nilai Sila Kelima

1. Saat tetangga lagi mengadakan hajatan atau acara maka sebagai tetangga yang baik hendaknya membantu, dan turut memeriahkan acara.

2. Bila orang sedang melaksanakan ibadah, sebaiknya kita menciptakan lingkungan yang hening, jangan ribut apalagi membuat kerusuhan. Hidup bertegang rasa antar warga.

3. Bergotong royong pada saat membersihkan sampah di selokkan agar terbebas dari banjir dan mulai menerapakn budaya membuang sampah pada tempatnya.

4. Bergotong royong membenarkan jalan yang rusak.

5. Saling berbagi dengan tetangga, misal berbagi makanan.

6. Memberi bantuan kepada warga atau tetangga yang sedang kesulitan, dan menjenguk mereka saat mereka sakit serta berkunjung kerumah mereka dalam menjalin silarturahmi.

7. Sebagai warga yang baik kita harus menaati aturan lalu lintas, berhenti saat lampu merah, berkendaraan dengan pelan, tidak kebut-kebutan  di jalan serta mengunakan helm dan kelengkapan berkendaraan lainnya.

8. Menjadi warga negara yang cerdas, dengan mengeyam bangku pendidikan bila mampu sampai perguruan tinggi. Jangan berhenti untuk belajar dan berusaha. Manfaatkan peluang sekolah  gratis.

Itulah beberapa contoh tindakan yang mencerminkan nilai yang terkandung dalam sila kelima Pancasila.

Loading...
Selanjutnya : Budidaya Bawang Perai Itu Mudah
Sebelumnya: Bukti Kenabian Muhammad dari Beberapa Peristiwa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar