Nomor Lari untuk Putra dan Putri


Lari adalah salah satu olahraga yang masuk dalam cabang atletik. Dalam olimpiade pertama pada 776, lari adalah satu-satunya even yang dilombakan. Berikut adalah uraian mengenai nomor lari untuk putra dan putri yang biasa dilombakan dalam pertandingan.

Lari Jarak Pendek (Sprint)

Ini adalah sebuah perlombaan lari dimana peserta berlari dengan kecepatan penuh sepanjang jarak yang telah ditentukan. Pelari jarak pendek jamak disebut sprinter. Nomor lari untuk jarak pendek adalah 100 m, 200 m, dan 400 m.

Teknik yang digunakan untuk setiap nomor sama saja, hanya ada penghematan penggunaan tenaga karena jarak yang ditempuh berbeda-beda. Semakin jauh jarak yang ditempuh, pelari membutuhkan ketahanan yang lebih besar. Ini sering disebut dengan endurance.

Lari Jarak Menengah

Nomor lari untuk jarak menengah adalah 800 m dan 1500 m. Ini agak berbeda dengan lari jarak pendek karena kaki menapak dengan cara ball hell-ball yaitu dengan menapakkan tumit dan menolaknya dengan ujung kaki.

Biasanya start yang dilakukan adalah start berdiri. Pada saat melakukan lari jarak menengah, badan harus rileks dan santai, lengan diayun tetapi tidak terlalu tinggi seperti pada lari jarak pendek, badan condong ke depan sekitar 15 derajat dari garis vertikal. Gerakan lari harus dilakukan dengan sewajarnya. Panjang langkah tidak usah dipaksakan kecuali ketika mendekati garis finish.

Lari Jarak Jauh

Lari jarak jauh dibagi dalam kelompok 3000 m, 5000 m, dan 10.000 m. Ada juga yang disebut marathon dan cross country. Secara fisik dan mental, pelari jarak jauh harus benar-benar siap.

Ayunan langkah kaki harus dilakukan seringan-ringannya. Semakin jauh jarak lari yang ditempuh, langkah harus semakin kecil dan lutut diangkat lebih rendah.

Untuk lari lintas alam atau cross country, jalur diupayakan di ladang yang luas, harus diberi rambu-rambu sebagai penunjuk jalur dengan pembatas di kiri dan kanan jalur.

Untuk merancang jalur, hindari rintangan yang membahayakan seperti parit yang dalam dan curam serta semak belukar yang tebal. Jalur perlombaan pun harus diukur dan diumumkan kepada semua peserta.

Lari Sambung (Estafet)

Ini adalah lomba lari yang dilakukan bergantian. Satu regu biasanya terdiri atas 4 pelari. Mereka harus memindahkan tongkat sambil mempertahankan jarak terbaik. Cara pengoperan tongkat bisa dua teknik yaitu melihat dan tanpa melihat. Untuk lari bersambung ada 3 nomor yaitu 4 x 100m, 4 x 200m, dan 4 x 400m.

Demikian ulasan singkat mengenai nomor lari untuk putra dan putri. Semoga informasi ini menambah pengetahuan Anda.

Selanjutnya : Review Revlon Bedak Tabur
Sebelumnya: Resep Manisan Buah Pala Kering
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar