Nomor Renang Gaya Dada

Renang adalah suatu olah raga cabang atletik yang dilakukan di kolam renang dan memerlukan keahlian untuk melakukannya. Olah raga telah ada sejak jaman prasejarah.

Ada beberapa gaya dalam renang yaitu gaya dada, gaya bebas, gaya punggung dan gaya kupu-kupu. Renang biasanya dilombakan dengan nomor gaya tertentu. Misalnya nomor renang gaya dada.

Renang gaya dada merupakan gaya renang yang paling lamban dibandingkan dengan renang gaya bebas, kupu-kupu dan punggung. Karena itu renang gaya dada digunakan oleh perenang pemula pada tahap belajar gaya renang.

Renang gaya dada atau disebut juga gaya katak merupakan gaya renang yang sering digunakan untuk aktifitas kebugaran. Renang gaya dada mempunyai posisi tubuh yang stabil dan posisi kepala di luar permukaan air dengan tempo yang cukup lama.

Posisi pada renang gaya dada yaitu kedua belah kaki menendang ke arah keluar tetapi kedua tangan diluruskan ke depan. Kemudian kedua belah tangan dibuka ke arah samping seperti gerakan akan membelah air untuk mempercepat laju menuju ke arah depan.

Pernafasan pada renang gaya dada dilakukan pada saat kepala dan mulut berada di atas permukaan air setelah satu atau dua periode gerakan tangan dan kaki.

Manfaat renang gaya dada yaitu untuk pembentukan otot-otot pinggul dan dada. Pada renang gaya dada mampu melatih semua otot pada bahu sehingga dapat melenturkan otot bahu dan dapat membentuk otot bahu menjadi lebih tegap karena gaya ini menuntut bahu untuk bergerak melawan air agar tubuh dapat melaju ke depan.

Berenang gaya dada dapat melatih pernapasan sehingga dapat menyehatkan jantung dan paru-paru. Gerakan di dalam air akan memacu otot pembuluh darah di jantung dan paru-paru sehingga pernapasan akan menjadi lebih sehat dan kuat.

Nomor renang gaya dada sering dilombakan dengan nomor gaya dada putra 100 m, gaya dada putra 200 m, gaya dada putri 100 m dan gaya dada putri 200 m.

Perbedaan nomor renang terdapat pada jenis kelamin dan jarak yang harus ditempuh pada saat perlombaan renang gaya dada.

Loading...
Selanjutnya : Karya Ilmiah Kajian Tenaga Kerja Wanita
Sebelumnya: Kutipan Ayat Suci Al-Quran Tentang Kesabaran
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar