Tips Membuat Novel Cinta Pendek Agar Tetap Tajam

Siapa bilang membuat novel cinta pendek itu mudah? Seringkali dikatakan orang bahwa menulis cerita pendek adalah perkara yang mudah, karena bentuknya yang ringkas dan pendek, maka novel pendek mudah ditulis. Namun, karena pendek itulah, penulis harus memiliki kepekaan yang tinggi. Berikut adalah tips membuat novel pendek agar isi cerita yang tetap fokus dan menarik.

Ambil Satu Episode

Loading...

Setiap orang memiliki pengalaman dalam hidupnya, ditambah pengetahuan, mendengar, dan membaca. Apakah semua yang dimilikinya itu akan ditumpahkan dalam sebuah novel? Jika demikian, novel yang Anda buat tidak akan cepat selesai.

Kisah cinta selalu menarik untuk diceritakan. Agar tidak terjebak dengan cerita cinta yang akan Anda tulis, yang mula-mula harus dilakukan agar novel tidak terlalu panjang adalah menetapkan episode kisah cinta yang akan diambil. Kemudian, wilayah tersebut dipersempit lagi, cinta yang mana? Ada berbagai macam cinta. Apakah cinta antara dua pasangan yang saling mencintai, cinta yang berkhianat, apakah cinta antara si miskin dan si kaya?

Tentukan Sudut Pandang dan Tokoh

Setelah Anda menentukan tema cinta yang akan ditulis, selanjutkan tentukan sudut pandang Anda, yaitu membeberkan tokoh-tokoh yang akan ada dalam cerita. Tentukan apakah Anda akan menjadi orang pertama (aku) atau orang kedua (dia).

Setiap tokoh yang dipilih harus memiliki kesan yang kuat. Hal ini tentu tidak mudah. Anda harus benar-benar menjadikan tokoh dalam cerita memiliki karakternya masing-masing sesuai dengan sifat yang dimunculkan.

Setiap Gambaran Harus Berfungsi

Setiap data, karakter, dalam cerita harus memiliki fungsi. Hindari memasukkan cerita yang hanya dijadikan untuk embel-embel atau efek humor saja. Pilih suatu peristiwa yang bisa memperkuat maksud cerita. Jangan memaparkan suatu kejadian atau peristiwa yang tidak penting dengan sangat detail.

Menghamburkan sebuah adegan membuat cerita menjadi tidak efektif dan efisien, sehingga dapat membuat pembaca merasa bosan. Intinya, buang semua detail yang tidak fungsional dalam keseluruhan cerita.

Disiplin dan Buat Deadline Waktu

Jika novel Anda dibutuhkan untuk pesanan atau dikejar deadline, maka Anda harus menentukan deadline novel harus beres. Usahkan dua minggu sebelum hari H. Seorang pengarang harus memiliki kedisiplinan.

Demikianlah bagaimana tips membuat novel cinta pendek agar dapat ditemukannya fokus yang diperoleh dari peristiwa yang akan dijadikan cerita. Jadi walaupun pendek, novel yang Anda buat tetap menarik dan memiliki gambaran yang tajam. Karena novel yang baik adalah yang mampu memberikan kesan yang mendalam kepada pembacanya. Selamat mencoba.

Loading...
Selanjutnya : Jahe dan Kencur Obat Ampuh Jika Tenggorokan Gatal, Influenza, dan Panas
Sebelumnya: Ilmu Pengetahuan dari Sumber-sumber Alquran
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar