Novel tentang Persahabatan


Kata orang persahabatan bagai kepompong. Persahabatan adalah hubungan timbal-balik antara dua atau lebih individu yang dinamikanya mengarah pada hal-hal konstruktive.

Jika pada perkembangan relasinya mengarah pada hal-hal destruktive, hubungan persahabatan tersebut cenderung tidak berlanjut. Ada beberapa tingkatan dalam hubungan pertemanan.

Misalnya dari seseorang yang hanya menjadi ‘kenalan’ lalu menjadi ‘teman’ lalu menjadi ‘kawan’ lalu menjadi ‘sahabat’ atau kemudian menjadi ‘kekasih’ dan seterusnya. Sahabat adalah teman dalam suka dan duka. Semua orang butuh sahabat. Banyak cerita mengenai persahabatan ini. Salah satunya dalam bentuk novel tentang persahabatan

Salah satu novel yang menceritakan tentang  arti sahabat adalah novel berjudul “Let Go” karya Windhy Puspitadewi terbitan Gagasmedia tahun 2009.

Seorang remaja kelas X bernama Caraka telah beberapa kali membuat masalah di sekolahnya. Padahal dia adalah murid baru. Singkatnya dia dihukum secara khusus oleh gurunya dengan harus bergabung dalam penggarapan majalah dinding “varietas”di kelasnya.

Ternyata ada tiga orang dengan karakter yang berbeda yang sudah menangani majalah dinding “varietas” tersebut, yaitu Nathan yang cerdas tapi dingin dan sinis, Nadya yang cantik, pintar dan mandiri dan Sarah, si pemalu dan sulit menolak permintaan orang lain.

Lalu proses dan pergulatan diantara mereka mengalir begitu alami dan simple. Setelah melewati berbagai problem dan peristiwa mereka menjadi memahami berharganya persahabatan mereka.

Specialnya persahabatan mereka tetap terjalin tanpa harus mengubah jati diri mereka. Kalaupun ada yang berubah seperti Sarah lebih pada perubahan yang konstruktive untuk memperbaiki kelemahan karakternya. Selain itu Whindy juga menuangkan puisi-puisi karyanya sendiri dalam novel ini. Sip banget dan orisinil.

Saya jadi penasaran, seperti pengalaman orisinil Whindy sampai bisa menghasilkan karya seperti ini. Karena saya sendiri belum pernah menghasilkan novel sebagus itu.

Dalam keseharian memang penting untuk kita memiliki jagat sendiri yang intim dan merdeka. Sehingga kita dapat merenungkan pengalaman, problematika hidup dan segala hal yang berkaitan dengan kekhasan kita. Dan salut, Whindy punya bakat untuk kembangbiakan itu semua.

Itulah sedikit gambaran mengenai novel tentang persahabatan. Semoga menjadi inspirasi Anda untuk bisa menemukan sahabat sejati Anda.

Selanjutnya : Kendala Penghambat Komunikasi
Sebelumnya: Cara Menentukan Jenis Atom Berdasarkan Jari – Jari Atom
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar