Apa Novel Terbaik Saat Ini?

Novel terbaik saat ini memang sulit ditentukan, karena karya novel semakin banyak dan semakin meningkat kualitasnya. Novel yang terlaris di pasaran pun belum tentu layak mendapat sebutan sebagai novel terbaik. Lalu seperti apa yang disebut dengan novel terbaik saat ini?

Novel terbaik itu bergantung siapa yang menilai dan selera sang penilai tersebut. Secara umum, novel yang baik dari segi cerita akan mampu membawa pembaca seolah-olah hadir dan mengamati kisah yang ada di novel tersebut. Novel yang baik juga mampu membawa imajinasi pembacanya melayang ke dalam kisah yang diceritakan dalam novel tersebut. Hal ini tentu tak bisa lepas dari kemampuan sang penulis novel dalam meramu kata-kata dan kisah dalam novel buatannya

Novel Terbaik adalah yang Memenuhi Unsur Intrinsik Novel

Novel terbaik saat ini memang harus memenuhi semua unsur intrinsik dan ekstrinsik novel. Apa saja unsur intrinsik novel? Secara umum unsur intrinsik novel ini hampir sama dengan unsur intrinsik cerpen, yakni terdapat tema, alur cerita, latar atau seting, penokohan, amanat, dan gaya bahasa.

Biasanya yang membedakan penulis novel satu dengan penulis novel lainnya ada pada gaya bahasa. Setiap penulis pasti memiliki gaya bahasa sendiri yang berbeda dengan penulis lainnya. Selain itu, kadang penulis novel juga mengambil spesialisasi tema di setiap karyanya.

Misalnya, ada penulis yang membuat karya novel dengan tema khusus horor, khusus percintaan atau roman, khusus komedi, dan banyak lagi. Namun ada pula penulis novel yang menyukai tantangan dengan membuat karya novel di luar dari tema yang biasanya ia usung.

Laskar Pelangi Novel Terbaik Saat ini?

Banyak yang berpendapat bahwa Novel Laskar Pelangi yang merupakan buah karya Andrea Hirata ini merupakan novel terbaik saat ini. Novel Laskar Pelangi ini sempat booming dan akhirnya dibuat film layar lebar.

Novel Laskar Pelangi ini sebenarnya mengusung kisah yang sederhana, polos, tetapi mampu menyayat hati pembacanya. Novel ini mampu memainkan emosi pembacanya dan membawa pembaca ke dunia yang diceritakan oleh novel tersebut.

Selain itu, novel karya Andrea Hirata ini memiliki basis alur cerita dan penokohan yang kuat yang dibalut dengan gaya bahasa baik sehingga mampu membuat pembaca tersentuh. Lalu, novel apa yang terbaik menurut Anda?

Demikianlah pembahasan mengenai novel yang dinilai terbaik, yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Mengenali Ciri-ciri Hamil 3 Minggu
Sebelumnya: Beberapa Cara Mengukur Luas Daun
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar