Nyeri di Bagian Bawah Perut dan Punggung

Pernahkah Anda mengalami nyeri di bagian bawah perut ? Apakah Anda tahu apa penyebabnya? Hati-hati! Siapa tahu itu adalah penyakit berbahaya. Simak ulasan berikut ini penjelasan selengkapnya.

Nyeri di Perut Bagian Bawah Beserta Sakit Punggung

Ada beberapa orang yang mengalami sakit perut bagian bawah disertai nyeri punggung. Apakah Anda pernah mengalami atau sedang mengalami hal keluhan yang sama? Hati-hati. Jika Anda mengalaminya maka harus ada tindakan secepatnya untuk mengatasi hal yang mungkin akan terjadi.

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus waspada terhadap nyeri di bagian bawah perut, contohnya sakit seperti ini mungkin akan kembali menyerang Anda. Penyakit ini bisa datang dan pergi secara tiba-tiba sambil meninggalkan sakit yang luar biasa. Penyebab dari keadaan ini bisa terjadi karena beberapa hal, antara lain.

Batu Ginjal

Batu ginjal terjadi karena adanya kelebihan kalsium, garam, juga asam urat di dalam ginjal. Apabila jumlah kalsium dan asam urat di dalam tubuh meningkat tidak dapat dibersihkan dalam tubuh yang akhirnya dapat berubah menjadi batu. Rasa sakit yang timbul adalah akibat dari ukuran batu ginjal. Nyeri karena penyakit ini akan dirasakan mulai dari perut bawah hingge ke sekitar pangkal paha hingga bagian belakang.

Pielonefritis

Penyakit ini adalah infeksi pada ginjal yang terjadi karena bakteri. Penyakit ini dapat menyerang orang yang mengalami infeksi saluran kemih. Seiring dengan sakitnya bagian perut juga punggung, gejala lain akan muncul seperti muntah, sakit kepala, dan nyeri ketika buang air kecil.

Nyeri di Perut Bagian Bawah Beserta Sakit Punggung Pria dan Wanita
Jika sakit ini menyerang pria maka ada beberapa kemungkinan penyakit yang berbeda dari kesimpulan diatas. Jenis penyakit yang mungkin menyerang adalah prostatitis akut.Penyakit ini adalah suatu peradangan pada kelenjar prostat. Penyebabnya adalah bakteri E.coli dan lain sebagainya.

Gejala paling utama dari penyakit ini adalah nyeri, sakit perut, nyeri punggung bagian bawah, demam, serta menggigil. Selain itu juga merupakan akibat dari seminal vesiculitis. Jika nyerinya terjadi pada wanita maka kemungkinan mengalami miskram. Miskram memiliki gejala seperti pendarahan yang disertai dengan kram perut, nyeri perut juga nyeri pada punggung.

Untuk mengobati penyakit ini tergantung kepada seberapa parahnya sakit yang diderita. Oleh karena itu sangat penting untuk didiagnosa agar tahu penyakit apa yang sebenarnya terjadi.

Itulah bahasan mengenai nyeri di bagian bawah perut. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Manfaat Download Free Program Koperasi Simpan Pinjam dan Tip Memilihnya
Sebelumnya: Salah Satu Daftar Dosen Psikologi UGM
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini