Penyakit Nyeri pada Saat Buang Air Kecil pada Wanita


Infeksi saluran kemih biasanya sering sekali menyerang para wanita. Hal ini disebabkan karena bagian dari uretra wanita memiliki ukuran yang pendek dan di bagian lubang luarnya, memiliki posisi yang  dekat dengan daerah vital, yaitu pada anus dan vagina. Uretra merupakan saluran dari jalannya urine atau air seni yang dikeluarkan oleh tubuh.

Dengan demikian, hal inilah yang menyebabkan kuman atau bakteri dapat masuk ke kandung kemih, sehingga mengakibatkan terjadinya infeksi. Anus dan vagina merupakan area yang sangat rawan terhadap bakteri, sehingga kemungkinan besar bakteri dapat masuk ke saluran kencing. Bakteri yang biasanya dapat menyebabkan infeksi, yaitu bakteri Escherichia coli.  Penyebab yang lain adalah karena kurang minum air putih dan sering sekali menunda-nunda buang air kecil.

Ciri-ciri dari penyakit ini selain sakit saat buang air kecil, juga akan terjadi demam disertai dengan  muntah, urine yang dikeluarkan baunya sangat tidak enak dan memiliki warna yang lebih pekat dari biasanya, bagian pinggang akan terasa nyeri, ketika melakukan hubungan seks dengan suami akan terasa sakit, dan merasa ingin buang air kecil terus menerus. Berikut ini terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat mencegah terjadinya infeksi pada kandung kemih.

•  Sebelum melakukan hubungan seks sebaiknya area vital harus sudah bersih.

•  Sering minum air putih dalam jumlah yang banyak.

•  Jika Anda sudah merasa ingin buang air kecil, sebaiknya langsung dikeluarkan.

•  Ketika Anda cebok setelah buang air kecil, sebaiknya bersihkan vagina terlebih dahulu baru anus, agar bakteri yang terdapat di anus tidak dapat masuk ke vagina.

Demikian beberapa ciri dan pencegahan karena nyeri pada saat buang air kecil pada wanita yang  merupakan pertanda dari infeksi saluran kandung kemih. Semoga dengan membaca artikel ini, Anda dapat lebih waspada lagi, jika merasa nyeri saat buang air kecil.

Selanjutnya : Bacaan Pembukaan dalam Dakwah
Sebelumnya: Kelebihan Blackberry Bold 9000
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar