Ketahuilah Jenis Obat Buat Alergi Dingin

Hingga saat ini obat buat alergi dingin jenis tertentu masih jarang dapat ditemukan dengan mudah di pasaran atau apotek terdekat.

Hanya saja, karena efeknya kebanyakan menyerang wilayah hidung dan pernapasan, maka obat yang sering digunakan adalah yang mengandung antihistamin.

Loading...

Mengenali Alergi Dingin

Indonesia memiliki iklim tropis yang relatif hangat. Terutama di daerah-daerah dataran rendah. Di wilayah dataran tinggi pun, udara dingin hanya akan benar-benar terasa pada pagi dan malam hari. Sementara pada siang hari udaranya cenderung hangat dan kering yang disertai hembusan angin sejuk.

Keadaan selalu hangat inilah yang menyebabkan sebagian besar tubuh orang Indonesia akan mengalami kekagetan jika terpapar udara dingin yang tiba-tiba. Udara dingin yang tiba-tiba menyerang menyebabkan tubuh menghasilkan semacam antibody untuk melawan rasa dingin. Hanya saja karena tidak terbiasa, kadang antibody itu justru bertindak berlebihan dan balik menyerang tubuh yang dirasakan sebagai bentuk alergi terhadap udara dingin.

Gagalnya antibody menangkal paparan udara dingin yang tiba-tiba tersebut menyebabkan tubuh memproduksi cairan berbentuk lendir pada saluran pernapasan. Di sisi lain, antibody yang dihasilkan tubuh sebagai bentuk imun alami juga mengeluarkan senyawa histamine yang dapat menyebabkan alergi gatal.

Gejala dan Efek

Lendir dan Histamin yang dihasilkan secara berlebihan dalam jumlah banyak akan menimbulkan berbagai macam efek mengganggu pada jaringan tubuh. Gejala langsungnya umum terasa terutama di bagian THT (Telinga, Hidung, dan Tenggorokan).

Tanpa disadari, orang yang mengalami alergi dingin akan mengalami bersin-bersin, hidung yang terasa gatal seperti akan berjerawat, mata berair, tenggorokan ataupun telinga gatal, dan juga hidung tersumbat serta meler akibat produksi lendir berlebih.

Parahnya ketika hidung mulai kesulitan mengambil nafas. Karena umumnya udara dingin akan menyebabkan hidung seseorang terasa kebal dari luar, namun dingin menusuk dari dalam. Sehingga terjadi pembengkakan saluran pernapasan yang juga bisa menyebabkan asma.

Bahkan keadaan ini juga sering dibarengi rasa gatal pada bagian tubuh dengan munculnya bentol akibat alergi. Bentuknya serupa dengan kulit yang terkena ulat bulu. Didiamkan terasa panas, gatal tak tertahankan, dan menyebar ketika digaruk.

Penanggulangan

Jika terjadi gatal, obat buat alergi dingin yang utama adalah menanggulangi rasa gatal di tangan. Misalnya dengan membalur minyak hangat ke bagian gatal. Minyak tawon bisa menjadi pilihan. Lalu tutup bagian tubuh yang terpapar dingin dengan benda-benda yang bisa menghangatkan.

Apabila belum mempan, minyak yang telah lumayan meresap ditaburi lagi dengan obat buat alergi dingin menggunakan bedak salycil. Selain salycil yangberfungsi sebagai antialergi, caladine cair atau lotion lain yang mengandung calamine sebagai antigatal.

Sementara obat buat alergi dingin yang terjadi pada saluran pernapasan bisa ditanggulangi dengan obat umum yang mengandung antihistamin seperti pada obat batuk. Atau yang mengandung steroid jika skalanya lebih berat.

Loading...
Selanjutnya : Prosedur Administrasi Rumah Sakit
Sebelumnya: Nilai Gizi Jamur Shitake dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar