Obat Diare yang Aman untuk Wanita Hamil

Artikel ini akan membahas  Obat diare yang aman untuk wanita hamil. Seperti yang kita ketahui bahwa ibu hamil tidak boleh memakan sembarang obat karena akan berpengaruh buruk terhadap jabang bayi yang ada dalam kandungannya.

Diare pada ibu hamil dianggap tidak lazim, karena biasanya ibu hamil mengalami sembelit  karena kerja usus  yang melambat. Namun tak menutup kemungkinan jika ibu hamil pun terinfeksi virus atau bakteri yang menyebabkan diare.

Loading...

Selama kehamilan sebaiknya menjauhkan diri dari segala macam obat, tapi jika Anda terkena diare  sebaiknya minum cairan elektrolit untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.  Cairan elektrolit bisa diperoleh di apotek. Jika diare  ringan masih dianggap wajar terjadi pada ibu hamil. Namun jika sudah kehilangan banyak cairan, sebaiknya segera berobat kedokter.

Secara alami  diare pada ibu hamil bisa diatasi dengan cara:

  • Memperbanyak minum air putih kalau bisa dicampur dengan madu
  • Jangan dulu minum susu dan berbagai produk olahannya
  • Perbanyak mengkonsumsi vitamin B dan asam folat
  • Kurangi konsumsi vitamin D

Faktor Penyebab

Penyakit diare disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah disebabkan oleh virus, bakteri, makanan yang terlalu pedas atau terlalu asam, sebaiknya seorang ibu hamil harus senantiasa menjaga kebersihan asupan makanannya agar tidak ada bakteri atau virus untuk mengindari diare.

Ada beberapa  faktor penyebab ibu hamil terkena diare

  • Susu yang tidak cocok, sebaiknya menghentikan untuk sementara penggunaan susu untuk ibu hamil, untuk mengetahui apakah setelah dihentikan diare masih berlanjut atau tidak.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi vitamin D.
  • Kekurangan asam folat dan vitamin B.
  • Terlalu banyak makan yang pedas-pedas.

Apabila seorang ibu hamil mengalami dehidrasi, dengan gejala diare yang diikuti dengan suhu tubuh yang tinggi, bisa berpengaruh terhadap kekuatan tubuh, fungsi ginjal dan organ lainnya. Akibatnya tumbuh kembang bayi dalam rahim tidak optimal.

Seorang wanita hamil yang sering mengalami diare akut kemungkinan akan mengalami keguguran atau bayi premature. Karena ibu tersebut banyak kehilangan ion K (kalium). Oleh sebab itu dokter menyarankan untuk istirahat di rumah sakit selama beberapa hari kepada ibu hamil yang mengalami diare akut.

Itulah  ulasan mengenai obat diare yang aman untuk wanita hamil, tetap menjaga pola makan yang sehat dan menjaga kebersihan  itu cara efektif untuk mencegah diare. Selamat membaca.

Loading...
Selanjutnya : Membuat Proposal Usaha Cafe dan Restoran dan Tips Menjalankan Bisnisnya
Sebelumnya: Sifat Planet Venus sebagai Planet yang Mengitari Libra
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar