Beberapa Obat Herbal untuk Maag Akut

Maag merupakan jenis penyakit yang banyak menimpa sebagian masyarakat. Penyakit ini menyerang bagian pencernaan tubuh manusia. Untuk mengobatinya, tersedia berbagai jenis pengobatan. Obat herbal untuk maag akut sering dipilih oleh penderita gangguan maag karena dianggap lebih aman bagi kesehatan.

Penyakit maag merupakan salah satu penyakit yang terjadi karena adanya infeksi pada bagian tukak lambung. Infeksi ini terjadi karena adanya bakteri yang disebut Helicobacterylori. Bakteri ini mempunyai dinding sel membran yang dilapisi lipida. Penyakit ini biasanya menyerang mereka yang memiliki pola makan kurang teratur.

Penyebab Penyakit Maag

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab sakit maag. Di antaranya adalah :
1.    Pola makan yang kurang teratur. Kebiasaan makan setelah lapar yang berlebihan dan saat makan langsung dalam porsi besar merupakan penyebab sakit maag.
2.    Adanya bakteri Helicobacteri.
3.    Kebiasaan merokok membuat orang melalaikan konsumsi makanan.
4.    Stres berlebihan.
5.    Istirahat kurang.
6.    Konsumsi makanan yang bersifat pedas serta asam. Selain ituu, konsumsi minuman beralkohol dan mengandung kafein sangat dominan perannya dalam menyebabkan sakit maag.

Maag Kronis

Maag kronis adalah sebuah kondisi penyakit maag yang diderita seseorang yang sudah mencapai taraf parah. Biasanya, penderita maag akut akan mengalami muntah darah serta penurunan berat badan. Dalam jangka panjang panderita maag akut bisa terjangkit kanker lambung.

Penderita maag akut bisa memilih pengobatan tradisional yang sering dilakukan oleh nenek moyang kita. Beberapa jenis obat herbal untuk maag akut adalah:
1.    Kunyit
Kunyit dicuci dan dibersihkan. Lalu, buang kulit kunyit hingga terlihat bagian dalam. Kunyit yang sudah dipotong, direbus hingga mendidih. Air rebusan kunyit ini diminum dua kali sehari secara rutin.
2.    Singkong
Singkong yang sering dijadikan bahan makanan ringan pun bisa dijadikan obat maag akut yang cukup efektif. Caranya adalah memarut singkong serta memerasnya. Air perasan singkong itulah yang kemudian dikonsumsi setiap hari pada pagi serta sore hari.
3.    Daun jambu biji
Penderita maag akut juga bisa menggunakan daun jambu biji. Caranya adalah merebus daun jambu biji yang sudah dibersihkan. Biarkan hingga mendidih dan air rebusan tinggal setengah. Sisa air rebusan ini, kemudian diminum secara rutin hingga habis.

Demikian bahasan tentang obat herbal untuk maag akut. Semoga, informasi ini menambah pengetahuan sehingga Anda bisa mengatasi rasa sakit yang menyerang karena maag akut.

Selanjutnya : Berkunjung Objek Wisata Boyolali
Sebelumnya: Obat Hama Jamur Tanaman Ubi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...