Obat Jerawat Nasi Alami


Peradangan pori-pori pada kulit mengakibatkan timbulnya jerawat. Salah satu jenisnya adalah jerawat nasi. Disebut jerawat nasi karena memiliki penampang berbentuk seperti gumpalan nasi di dalamnya yang berwarna putih. Obat jerawat nasi dan perawatannya cenderung sama dengan obat jerawat biasa pada umumnya.

Penyebab jerawat adalah terjadinya peradangan pori-pori akibat penyumbatan zat-zat asing. Di antaranya produksi minyak berlebihan, bakteri dan pengaruh hormonal yang akhirnya menimbulkan jerawat. Kebiasaan menggunakan make up yang berlebihan juga dapat memicu tumbuhnya jerawat.

Jerawat Nasi

Jerawat nasi disebut juga komedo tertutup atau white head. Namun, jerawat ini belum terinfeksi bakteri dan dalam kurun waktu tertentu akan menghilang atau saat kita membersihkan wajah dengan air. Bila jerawat nasi ini dibiarkan karena malas mencuci muka, maka bisa menimbulkan jerawat yang bernama Papula.

Papula adalah jerawat yang seperti biasa dikenal, yaitu berbentuk tonjolan berwarna kemerahan. Jerawat papula masih bisa diatasi dengan bahan-bahan alami atau sabun cuci muka untuk menghilangkannya, namun perlu beberapa lama sehingga tonjolannya berkurang dan memudar.

Bila jerawat papula terinfeksi bakteri karena kebiasaan tidak mencuci muka, menyentuh jerawat dengan tangan, atau memencet jerawat maka bisa menjadi jerawat yang disebut fulminanas yang lebih parah sehingga memerlukan penanganan medis dokter kulit untuk menyembuhkannya.

Mencuci muka dengan sabun yang sesuai dengan jenis kulit secara teratur, memakan buah-buahan dan sayuran serta banyak minum putih dapat mencegah kulit mudah timbul jerawat. Hindari pula pemakaian make up saat olahraga dan tidur karena dapat menyumbat keluarnya keringat dan minyak.

Di pasaran banyak sekali produk-produk yang menawarkan obat jerawat. Umumnya obat-obatan tersebut dibuat dari bahan kimia tertentu dan hanya sebatas menyembuhkan jerawat, tetapi tidak menghilangkan bekas yang menghitam atau mengawah di permukaan kulit. Hal itu tentu saja dapat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri.

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk obat jerawat nasi dan jerawat lainnya, yaitu beras, madu dan susu. Ketiga bahan ini bisa dicampur dengan beras ditumbuk terlebih dulu.

Kemudian, dibalurkan pada bagian wajah dan sekitar leher. Kandungan dari ketiga bahan tersebut sudah terbukti dapat memudarkan noda hitam, memberi vitamin dan menghaluskan kulit.

Selanjutnya : Nomor Keberuntungan dalam Hidup
Sebelumnya: Definisi Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar