Segerakan Berikan Obat Puyuh Bila Terserang Penyakit

Peternak puyuh harus mengantisipasi beberapa penyakit yang sering menyerang unggas ini. Pada dasarnya penyakit pada unggas ini hampir sama dengan penyakit yang sering hinggap pada unggas-unggas yang lainnya.

Pemberian obat puyuh salah satu cara mengantisipasi dan menyembuhkan penyakitnya. Berikut beberapa penyakit puyuh dan cara pengobatan yang bisa dilakukan.

Penyakit yang sering muncul dalam memelihara unggas yang pertama yaitu cacar unggas. Penyabab utamanya puyuh ini terjangkit oleh virus pox. Penyakit ini bisa juga hinggap pada unggas lainnya.

Penyakit ini penularannya sangat mudah, sehingga kalau satu puyuh terserang penyakit ini dengan cepat akan ditularkan pada puyuh-puyuh lainnya. Gejalanya sangat mudah dikenali, seperti timbulnya bercak pada kulit bagian tubuh dan kakinya.

Cara penyembuhanya adalah dengan cara memberikan vaksin khusus unggas yang banyak tersedia di toko-toko hewan. Sebelum memberikan vaksin sebagai penanganan lainnya kita harus membersihkan kandangnya. Buatlah sanitasi yang baik supaya kotoran unggas tersebut tidak menumpuk di kandang.

Penyakit kedua, penyakit bronchitis, penyakit ini sangat berbahaya karena penularannya cepat dan lama-kelamaan bisa menimbulkan kematian. Puyuh akan lesu jika terjangkit bronchitis, hidungnya mengeluarkan lender, sulit bernapas dan badannya gemetar.

Penyababnya adalah pemberian makanan yang tidak seimbang dan sirkulasi udara di kandang yang kurang baik. Kelembaban udara pun berpengaruh buruk dan bisa menyebabkan bronchitis.

Cara penanaganannya perbaiki gizi makanannya dan perbaiki pula kondisi kandang jangan terlalu kotor. Pemberian vitamin bisa menjadi salah satu solusi untuk penyakit ini. Penyakit yang sering menjangkit puyuh adalah penyakit coccidiosis.

Tanda-tandanya puyuh mengeluarkan darah ketika berak. Puyuhpun akan terlihat lemas, menggigil, dan kotoran yang keluarnya mencair.

Penanganannya dengan cara sanitasi yang baik dan jagalah litte untuk tetap kering dan tidak lembab. Pemberian obat menggunakan prepat yang isinya sufa semacam agribon dan yang sejenisnya.

Berikan juga vitamin b 12 dalam litter yang disediakan. Sebaiknya bersihkan dulu litter atau gantilah dengan yang baru bila memungkinkan.

Beternak puyuh sama halnya dengan unggas lainnya. Yang paling penting adalah kebersihan dan sanitasi kandang. Jagalah supaya tetap bersih dan pertimbangkan pula sirkulasi udaranya. Pemberian obat puyuh bila terserang penyakit harus disegerakan supaya penyakitnya tidak menular pada yang lainnya.

Selanjutnya : Gelar D3 Pendidikan
Sebelumnya: Apa yang Diproduksi Sinar X pada Alat-Alat Medis?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...