Olahan Ubi Kukus yang Menyehatkan


Olahan ubi kukus bisa kita jadikan sebagai makanan kudapan favorit di rumah. Ubi merupakan sejenis umbi-umbian yang mengandung karbohidrat. Bentuknya bermacam-macam dan beraneka warna. Rasanya yang cenderung manis ini memang cocok dibuat berbagai bentuk kudapan atau makanan ringan. Proses pembuatan ubi sebagai kudapan ringan ini pun sangat mudah dan praktis, mulai dari digoreng, dipanggang, direbus, dibuat kolak sampai dikukus.

Hampir semua orang suka dengan berbagai olahan yang terbuat dari ubi, mulai dari anak-anak sampau orang tua. Kali ini kita akan membahas mengenai olahan dari ubi dengan cara dikukus. Memasak dengan cara dikukus selain lebih mudah dan praktis, juga lebih sehat. Memasak dengan cara mengukus ini bisa meminimalkan kandungan karbohidrat sehingga tidak banyak karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh kita.

Berbagai Olahan Ubi

Di atas sudah disebutkan cara mengolah ubi menjadi aneka kudapan dan makanan ringan adalah dengan cara digoreng, direbus, dipanggang, sampai dikukus. Ubi goreng sudah begitu akrab dengan kita karena ubi goreng sudah banyak dibuat. Sementara ubi yang direbus lebih sering digunakan untuk membuat olahan ubi yang dicampur dengan santan. Mengolah ubi dengan cara dikukus masih termasuk jarang dilakukan, tetapi ubi yang diolah dengan cara dikukus tidak kalah lezatnya.

Olahan ubi kukus ini biasanya dibuat dengan sajian kue atau roti, contohnya saja kue mangkuk ubi. Biasanya membuat kue mangkuk menggunakan terigu dan telur serta bahan pembuat kue lainnya. Kue mangkuk juga bisa dibuat dari bahan dasar ubi. Cara mengolahnya pun sangat praktis. Ubi terlebih dahulu dikukus, lalu dihaluskan, setelah itu dicampur dengan bahan pembuat kue lainnya, berikut tambahan ragi untuk pengembang. Rasanya yang manis dengan bentuk mangkuknya yang indah terasa menggoyang di lidah.

Bisnis Kue dari Olahan Ubi

Ubi bisa kita manfaatkan sebagai peluang bisnis kue kecil. Proses pembuatan yang mudah dan praktis serta banyak variasi bentuk dan cara pengolahannya membuat bisnis ini cukup menguntungkan. Terutama lagi jika membuat kue dari bahan ubi dengan cara dikukus yang lebih menyehatkan, pasti banyak yang mau. Kita juga bisa melakukan variasi cara mengolahnya supaya tidak monoton, seperti memadukan kukus dengan goreng, atau kukus dengan panggang.

Seperti contoh olahan ubi yang dibuat menjadi dadar kukus ubi. Olahan untuk kudapan ini ubi yang sudah dikukus kemudian dihaluskan dan diberi bumbu dan bahan tambahan lainnya untuk kemudian direbus menggunakan loyang dadar. Bisa juga membuat perkedel ubi yang dibuat dengan teknik kukus dan goreng, di mana ubi dikukus dahulu kemudian dihaluskan lalu diberi bumbu kemudian dibentuk dan digoreng.

Demikianlah ulasan singkat mengenai olahan ubi kukus yang lebih menyehatkan dan menguntungkan. Olahan ubi bisa kita manfaatkan sebagai peluang bisnis yang sangat menjanjikan sekaligus menyehatkan. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Ost Mandarin Thn 1980 Yang Populer
Sebelumnya: Dampak Negatif Jika Berhalusinasi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar