Tentang Olahraga Filates

Olahraga filates merupakan cabang olahraga dari senam yang berguna untuk meningkatkan kekuatan otot. Olahraga ini merupakan temuan baru dari pengembangan senam kebugaran modern. Ternyata senam pilates banyak digemari olehmasyarakat. Senam ini menjadi solusi tepat untuk melatih tepatnya menciptakan otot perut menjadi sixpack.

Namun, untuk mencoba senam ini Anda wajib didamping instruktur professional yang bertugas memberi arahan gerakan yang tepat. Selain itu untuk menghindari cidera pada bagian punggung dan pinggang. Bagi pemula jangan sekali-kali mempraktekan olahraga ini tanpa didampingi oleh instruktur.

Loading...

Sejarah Olahraga Filastes

Senam ini pertama kali dikembangkan oleh Joseph Pilates pada pertengahan decade 80an.  Nama pilates diambil dari nama penemunya. Joseph Pilates fokus menciptakan gerakan-gerakan untuk menguatkan otot perut, otot pinggang dan panggul. Gerakan pada pilates dipengaruhi dari senam yoga, yang mengandalkan kelenturan otot kaki, tangan dan pinggang.

Hal yang spesifik pada pilates adalah menggunakan benda pendukung seperti bola karet, meja, tali. Benda-benda ini dipakai sebagai tumpuan tubuh, seperti bola karet besar untuk dipakai sebagai tempat merebahkan tubuh agar otot bisa meregang.

Manfaat dan Tujuan Pilates

Walaupun senam pilates belum setenar aorobika tau fitness, ternyata olahraga ini mulai banyak diminati sejumlah orang.  Mereka menekuni senam ini untuk berbagai kebutuhan, tapi yang jelas tujuan utama adalah kebugaran. Berikut ini adalah manfaat senam pilates :

• Program Pelangsingan

Senam ini bermanfaat untuk melangsingkan tubuh, dan membentuk pinggang, dan perut terlihat berotot dan langsing. Namun supaya menghasilkan tubuh yang ideal, perlu latihan rutin dan diiring program diet.

• Penguatan Otot Perut

Filates adalah solusi tepat menguatkan otot perut agar terlihat sempurna (sixpack). Olahraga ini dianjurkan untuk orang-orang yang memiliki profesi khusus, seperti pilot pesat tempur, ABK di sebuah kapal laut dan penyelam profesional.  Semua profesi tersebut mengandalkan stamina tubuh yang prima.

• Mengurangi Cidera

Senam pilates ini bisa dipakai sebagai gerakan pemanasan sebelum melakukan olahraga berat, seperti sepak bola dan basket. Senam pilates bermanfaat mereduksi cidera otot. Demikianlah sedikit ulasan tentang olahraga filates dan manfaatnya.

Loading...
Selanjutnya : Keindahan Tempat Wisata Daerah Bojonegoro
Sebelumnya: Sejarah Singkat Sunan Giri
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar