Mengenal Hewan Omnivora, Pemakan Segala


Saat masih dibangku SD, Anda tentu pernah belajar tentang hewan herbivora, karnivora, dan omnivora. Kali ini penulis akan membahas tentang hewan omnivora yang bisa kita jumpai sehari-hari.

Kata omnivora berasal dari bahasa Yunani yaitu “omne” yang berarti semuanya dan “vorare” yang berarti memakan. Jadi, hewan omnivora bisa diartikan sebagai species hewan yang dapat memakan segala sebagai sumber makanannya.

Berikut ini beberapa contoh hewan omnivora ini bisa kita temui sehari-hari.

1. Tikus

Semua orang rasanya tahu bahwa hewan pengerat ini adalah hewan pemakan segala. Buktinya, hampir tak ada benda yang tidak dimakannya. Tikus bisa makan daging, ikan, sayuran, bahkan benda lain yang tak lazim, seperti kayu, sabun, kain, dan sebagainya.

2. Ayam

Ayam termasuk hewan pemakan segala karena ayam bisa memakan daging dan tumbuhan. Ya, selain makan rumput, Ayam juga suka makan cacing dan potongan daging mentah.

Meskipun hal tersebut jarang dilakukan karena ayam lebih sering diberi makan dedak, pakan ayam, atau biji-bijian. Bahkan, ayam sering makan batu untuk membantunya dalam proses pencernaan.

3. Orang Utan

Orang utan dapat dikatagorikan sebagai hewan omnivora karena selain makan buah-buahan dan sayuran, orang utan juga sering makan serangga. Hal ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan dalam proses pencernaan orang utan.

4. Ikan

Selain makan cacing, ternyata ikan juga sering makan lumut. Itulah sebabnya mengapa ikan dikatagorikan sebagai hewan omnivora.

5. Unggas

Selain makan sayuran, kadang unggas juga makan daging, seperti cacing, siput, keong, dan sebagainya. Makanan berprotein tinggi ini biasanya akan diberikan pemilik unggas agar unggasnya sehat, cepat besar dan cepat bertelur.

Beberapa contoh lain dari hewan pemakan segala ini, antara lain sigung, beruang, kera, kura-kura, babi hutan, tupai, rakun, landak, dan sebagainya. Banyak orang yang menganggap bahwa hewan karnivora dengan gigi yang tajam merupakan hewan yang harus diwaspadai.

Tetapi, sebenarnya hewan omnivora pun bisa menjadi berbahaya, jika ada dalam keadaan tertentu. Misalnya saja kera yang bisa menjadi berbagaya, jika mereka berada dalam kumpulannya atau ada dalam keadaan mengamuk.

Selanjutnya : Tokoh dalam karya Shakespeare
Sebelumnya: Virugon Cream – Obat Krim Herpes Terbaik di Area Tangan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar