Operasi Batu Ginjal


Operasi batu ginjal hanya dilakukan pada pasien yang benar-benar memerlukan kondisi operasi. Bagi pasien yang tidak memerlukan perlakuan operasi, maka tidak perlu mendapatkan sebuah perlakuan operasi.

Penyakit batu ginjal pada hampir 95% pasien yang menderita sakit ini tidak memerlukan operasi. Batu ginjal dalam tubuh bisa hilang dengan sendirinya seiring dengan jalannya obat dan diet yang dilakukan penderita secara rutin.

Namun, untuk kondisi tertentu yang memiliki batu ginjal dengan ukuran yang sangat besar, maka bisa dipastikan bahwa operasi adalah jalan yang harus ditempuh. Operasi dilakukan untuk mengangkat batu ginjal tersebut.

Jika dibiarkan terlalu lama, maka akan mampu merusak fungsi dari ginjal atau bahkan lebih parah, yakni terjadinya gagal ginjal. Oleh karena itu, jika sudah didiagnosis untuk dilakukan operasi, maka alangkah baiknya untuk segera dilakukan operasi.

Ukuran Batu Ginjal

Batu ginjal dapat tumbuh dengan ukuran setara bola golf. Batu ginjal dengan ukuran besar saja yang memerlukan adanya operasi sedangkan ukuran kecil tidaklah memerlukan operasi untuk mengobati penyakit tersebut. Operasi penyakit batu ginjal yang dilakukan oleh pasien memiliki beberapa efek negatif atau resiko.

Resiko yang mungkin timbul seusai operasi yang dilakukan adalah terjadinya pendarahan dan infeksi. Namun, ada juga kasus yang sampai menyebabkan ginjal malah tidak berfungsi secara normal atau tidak berfungsi sama sekali.

Untuk resiko terjadinya infeksi dan pendarahan sudah bisa diantisipasi oleh pihak medis. Jadi, penderita tidaklah perlu merasa khawatir terhadap operasi yang akan dilakukannya.

Yang perlu diperhatikan adalah konsultasi kondisi kesehatan sebelum dan sesudah operasi kepada dokter yang bersangkutan. Dengan demikian berbagai resiko yang mungkin akan dihadapi pasca operasi bisa diminimalkan sekecil-kecilnya. Agar terhindari dari penyakit batu ginjal, maka disarankan untuk melakukan kegiatan berikut.

  • Istirahat yang cukup.
  • Minum air putih yang cukup atau banyak, minimal 2 liter setiap hari.
  • Hindari makanan yang mengandung minyak dan garam terlalu tinggi.
  • Hidup sehat dengan rajin berolahraga.
  • Cobalah untuk bersantai agar tidak stress.

Beberapa hal tersebut bisa menghindarkan kita dari bahanya batu ginjal. Dengan demikian ketakutan akan operasi batu ginjal bisa dihilangkan. Semoga uraian tersebut bermanfaat bagi kita semua untuk selalu menjaga kesehatan tubuh kita.

Selanjutnya : Permainan Lomba Sepeda yang Menyehatkan
Sebelumnya: Nama Spesies Tumbuhan Salak yang Terkenal
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar