Beberapa Operasi Khusus yang Pernah Dilakukan Kopassus


Ada beberapa operasi khusus yang pernah dilakukan Kopassus/TNI diluar Negeri. Salah satunya adalah ketika pasukan elit ini melakukan aksi pembebasan bernama Operasi Wayla. Operasi ini bertujuan untuk membebaskan pesawat Garuda Airline 206, yang dibajak di Bandara Don Muang, Thailand, pada tanggal 13 Maret 1981.

Kemudian Kopassus melakukan penyusupan ke pengungsi Vietnam, yang berada di Pulau Galang, guna mengumpulkan informasi untuk dikoordinasikan dengan pihak CIA. Selain itu, pasukan ini juga pernah melakukan operasi patroli jarak jauh atau long range recce di Papua Nugini.

Kopassus ini melakukan kerja sama dengan Australia. Salah satu tugas pasukan elit ini yaitu melakukan misi rahasia, sehingga tidak semua aktifitas kopassus bisa diketahui oleh publik.

Operasi Khusus Kopassus

Saat ini Kopassus telah menginjak usia 61 tahun. Untuk ukuran manusia usia ini bisa dibilang usia yang sudah kaya akan pengalaman. Sepak terjang Kopassus selama ini telah menuai banyak pujian dan penghargaan.

Discovery Channel pernah menganugerahi Kopassus dengan gelar Pasukan Elit Terbaik ke-3 di dunia pada tahun 2008. Urutan pertama ditempati oleh pasukan SAS Inggris, dirutan kedua ada Mossad Israel.

Yang unik dari penganugerahan ini adalah kriteria yang dipakai dalam pemilihan. Sebagai bagian dari korps bersenjata, pemilihan Kopassus sebagai salah satu pasukan elit terbaik dunia tidak didasarkan pada berbagai macam persenjataan dan perlengkapannya yang canggih yang dimiliki atau digunakan dalam operasi mereka, tetapi penilaian di fokuskan kepada kemampuan individunya.

Dari sini bisa dilihat bahwa proses kaderisasi dari para pasukan baret merah ini telah sukses. Pepatah The Man Behind The Gun benar-benar diterapkan disini.

Meng-upgrade persenjataan dan segala perlengkapannya memang sangat penting, tapi yang jauh lebih penting lagi adalah melatih, mendidik dan mengkader para pasukan elit agar memiliki kemampuan yang luar biasa. Kemampuan yang memang seharusnya disandang oleh para pasukan yang berada di korps yang beridentitas ‘elit’.

Nah, sekarang sudah tau kan tugas Kopassus saat melakukan operasi khusus. Operasi khusus bukan hanya memerlukan perlengkapan persenjataan yang lengkap, melainkan juga kesiapan dari para anggota Kopassus.

Selanjutnya : Bagian Tubuh Kita yang Berfungsi Sebagai Penerima Rangsang
Sebelumnya: Isi Lagu Justin Bieber
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar