Orang yang Berprestasi di Bidang Olahraga dengan Fisik yang Tidak Sempurna


Keterbatasan fisik bukan menjadi halangan untuk seseorang maju dan berprestasi. Kenyataannya memang banyak orang yang berprestasi di bidang olahraga dengan fisik yang tidak sempurna namun mereka mampu membanggakan dan mengharumkan nama bangsa Indonesia dengan prestasinya. Tidak hanya bidang olahraga, namun juga bidang musik, bidang seni lukis,dan bidang iptek.

Orang yang berprestasi dengan fisik yang tidak sempurna salah satunya adalah David Jacobs. David Jacobs adalah altet yang dapat mengharumkan bangsa Indonesia. ia berprestasi di bidang tenis meja.

Walaupun memiliki keterbatasan pada tangan kanannya, namun ia dapat mengukir prestasi dengan berperan pada SEA Games 2001 dan 2005, pada Asian Pra-Games di tahun 2010 dan 2011 serta pada pertandingan Olimpiade yang dikhususkan untuk yang memiliki keterbatasan fisik.

Pada Olimpiade tersebut, David behasil meraih medali perunggu dan sampai saat ini ia menempati urutan sepuluh besar tingkat dunia. Semua ini karena dukungan dari keluarga sehinga ia termotivasi untuk berprestasi dalam bidang olahraga yang disukainya, yakni tenis meja.

Banyaknya orang yang berprestasi  di bidang olahraga dengan fisik cacat, maka Indonesia pun ikut berperan menghargai mereka dengan diadakannya Pekan Olahraga Pelajar Cacat Nasional (POPCANAS).

Mereka datang dari 33 provinsi yang ada di Indonesia dengan olahraga yang dipertandingkan adalah atletik, bulu tangkis, tenis meja, renang, dan olahraga lainnya. Atlet yang keterbatasan fisik itu meliputi tuna netra, tuna rungu, tuna daksa dan tunagrahita.

Dengan demikian jelaslah bahwa prestasi itu adalah milik siapa saja, tidak hanya manusia dengan fisik yang sempurna. Orang yang berprestasi di bidang olahraga dengan fisik yang tidak sempurna pun mampu menunjukkan prestasinya.

Kita yang memiliki fisik yang sempurna harus belajar banyak dari mereka. Jika mereka bisa berprestasi maka kita pun seharusnya bisa. Mereka adalah warga Indonesia yang juga memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan kita.

Bagi Anda yang memiliki keterbatasan fisik maka jangan berkecil hati, jangan patah semangat dan jangan menyerah pada keadaan. Kita harus bisa membuktikan bahwa keterbatasan fisik bukan menjadi penghalang untuk maju.

Kita harus semangat untuk meraih apa yang kita inginkan. Di sini juga motivasi dari kita untuk mereka sangat dibutuhkan untuk lebih menambah kepercayaan diri.

Selanjutnya : Khutbah Jum’at tentang Hidup Sederhana
Sebelumnya: Khutbah Shalat Jum’at Singkat dan Jelas : Materi Khutbah Dekat dengan Jamaah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar