Sebutan untuk Orang yang Mengoperasikan Komputer

Komputer tentu telah menjadi barang penting bagi kehidupan manusia modern saat ini. Berbagai pekerjaan serasa sudah tak bisa lepas dari komputer. Komputer seolah-olah sudah menjadi barang kebutuhan wajib di setiap kegiatan. Dimana saja, pasti ada komputer sebagai kebutuhan utama. Oleh karena itu, perlu adanya orang yang mengoperasikan komputer.

Definisi Komputer

Komputer adalah alat yang diciptakan untuk mengolah data. Semula komputer diartikan sebagai gambaran orang mengerjakan perhitungan aritmatika. Komputer berisi data-data digital yang dapat diproses secara otomatis. Pekerjaaan komputer dibantu oleh beberapa bagian utama, yaitu Aritmatica Logic Unit(ALU), Central Processing Unit (CPU), memori, serta alat masukan dan keluaran yang disebut juga alat Input/Output.

Komputer dibuat dengan tujuan memudahkan pekerjaan seseorang terutama yang berkaitan dengan hitungan aritmatika maupun numerik, pengolahan data, dan pembuatan data-data digital. Saat ini komputer bermanfaat untuk pembuatan surat, bermain game, memperluas media sosial, perancangan sistem software maupun hardware.

Komputer tanpa pengguna juga tidak akan berfungsi secara maksimal. Komputer memerlukan orang yang mengoperasikan. Orang akan melakukan pengolahan data pada Komputer. Orang yang mengoperasikan komputer disebut brainware. Namun, ada juga yang menyebut dengan istilah user.

Brainware atau user adalah suatu perangkat intelektual yang mengerjakan atau menjalankan perangkat software maupun hardware computer. Brainware dapat menggunakan kemampuan computer secara maksimal dengan memanfaatkan kualitas dari komputer itu sendiri. Brainware berkuasa penuh atas segala pengoperasian komputer.

Bagian-bagian Brainware

Brainware terbagi dalam beberapa kelompok. Hanya saja kelompok brainware yang sudah umum dan wajib diketahui ada empat jenis, yaitu:

1.    Operator adalah orang yang menggunakan komputer untuk kebutuhan operasional. Baik itu operasional kantor maupun operasional sistem.

2.    Programmer adalah orang yang menggunakan komputer sebagai alat untuk penulisan bahasa komputer berupa data digital.

3.    Analis komputer adalah orang yang menggunakan komputer untuk analisa sistem software maupun hardware.

4.    Administrator adalah orang yang menggunakan komputer sebagai pengelolaan operasi sistem dan program yang sedang berjalan pada komputer.

Meskipun brainware memgang peranan penting dalam pengolahan komputer, ini tidak terlepas pada software dan hardware. Ketiga perangkat harus saling mendukung. Jika tidak ada salah satu di antara ketiga perangkat, maka tidak akan pernah terjadi proses dan hasil. Ada brainware tanpa hardware, maka tidak akan bisa bekerja. Ada brainware tanpa software pun tidak akan ada sesuatu yang diolah. Ketiga hal ini akan selalu berkaitan satu sama lain, tidak dapat dipisahkan.

Selanjutnya : Segarnya Permen Kiss
Sebelumnya: Mengenal Karakter Anjing Takel
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini