Orang yang Pernah Bertemu Nyi Roro Kidul


Pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi Jawa Barat merupakan objek wisata yang dikenal memiliki pemandangan yang indah tiada tara. Namun, tak sekadar eksotisme panorama, pantai selatan Jawa ini menyimpan kisah mistis yang dikenal sebagai Legenda Pantai Selatan. Penduduk di sepanjang Laut Selatan sekitar Pelabuhan Ratu, Parangtritis Yogyakarta, hingga sebagian masyarakat daerah pantai Jakarta dan Bali mempercayai adanya sang penguasa Pantai Selatan, yaitu Nyi Roro Kidul. Beberapa bahkan mengaku sebagai orang yang pernah bertemu Nyi Roro Kidul.

Nyi Roro Kidul

Di dekat Pantai Pelabuhan Ratu terdapat kompleks batu karang Pantai Karang Hawu yang dipercaya sebagai petilasan Nyi Roro Kidul. Mitos Nyi Roro Kidul bermula dari kisah terusirnya putri Kerajaan Pajajaran karena penyakit kulitnya, terlunta-lunta hingga terdampar di Samudera Hindia dan kembali sembuh setelah mandi dan bertapa. Sejak saat itu, sang putri menguasai Pantai Selatan dan bergelar Nyi Roro Kidul.

Mitos Nyi Roro Kidul ini kuat sekali di kalangan masyarakat Jawa, ritual larung atau sesaji laut pun dilakukan untuk menghormati sang nyai. Selain itu, di beberapa tempat terdapat ruang persembahan khusus sebagai pemujaan terhadap Nyi Roro Kidul. Tempat khusus yang terkenal adalah Grand Bali Hotel 327 dan 2401, kamar no. 33 Hotel Queen Of The South Parangtritis, dan kamar no. 308 Hotel Samudera Beach Pelabuhan Ratu.

Di Hotel Samudera Beach kamar 308 ini terdapat lukisan Nyi Roro Kidul karya pelukis Basuki Abdullah. Beberapa Nyi Roro Kidul pun bermunculan dengan pelukis yang berbeda-beda. Namun, tak dapat dipastikan bahwa benar-benar ada orang yang pernah bertemu dengan Nyi Roro Kidul sehingga mampu melukiskannya.

Sebagian besar pelukis sosok Nyi Roro Kidul mengaku mendapat bisikan gaib untuk menyelesaikan lukisan dalam wujud yang diinginkan dalam bisikan tersebut. Sebagian pelukis Nyi Roro Kidul entah kebetulan atau bukan, mengalami kematian, seperti terbunuhnya Basuki Abdullah dan sakit mendadak yang dialami Didik Suardi serta Suardjo. Akan tetapi, hal itu tidak menghentikan pelukis lain untuk menorehkan kuas menggambarkan sang nyai. Pameran lukisan bertema Nyi Roro Kidul paling mutakhir pernah diadakan di Hotel Grand Sahid Jaya dengan memajang 99 lukisan Nyi Roro Kidul dalam karakter berbeda-beda tetapi hal tersebut tak dapat memastikan bahwa sang pelukis adalah orang yang pernah bertemu Nyi Roro Kidul.

Selanjutnya : Manfaat Bawang Goreng Bagi Tubuh dan Kesehatan
Sebelumnya: Tips Perusahaan Tanpa Menghasilkan Limbah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar