Organ Hati dan Fungsinya Pada Manusia

Lever atau organ Hati dan fungsinya pada manusia memegang peranan yang sangat penting. Hati merupakan organ kelenjar terbesar di dalam tubuh dan merupakan salah satu organ vital dimana fungsi dari hati tersebut menopang dari fungsi organ tubuh yang lain.

6 Fungsi Organ Hati

Berat organ hati manusia dewasa sekitar 0,5 kg. Organ hati terletak di sebelah kanan perut bagian atas, tepatnya di bawah diafragma dan terdiri dari 2 bagian. Setiap menit hati menerima suplai darah 1,5 liter melalui pembuluh arteri dan vena. Berikut ini adalah funsi organ hati pada tubuh manusia.

1. Fungsi Penyimpanan

Hati mempunyai kemampuan untuk menyimpan banyak nutrisi penting, vitamin juga mineral yang diperolehnya melalui portal hepatik. Adapun vitamin yang disimpan di hati adalah vitamin K, D, E dan B12.

2. Fungsi Pencernaan

Hati mempunyai peranan yang penting dalam proses pencernaan melalui produksi empedu. Hati mengurai lemak yang ikut bersama proses pencernaan, sehingga dapat diserap dengan cepat oleh tubuh.

3. Fungsi Metabolisme

Selain mengurai lemak, hati juga membantu metabolisme lipid, karbohidrat, dan protein sebagai zat pembangun bagi tubuh manusia. Ketiganya diolah dengan dibantu oleh sel darah yang ada di hati.

4. Fungsi Detoksifikasi

Darah yang dihasilkan melalui pencernaan akan dideteksi apakah mengandung racun di hati. Termasuk alhohol dan obat kimiawi. Semuanya akan dinetralisir di hati sebelum memasuki proses penyerapan berikutnya.

5. Fungsi Produksi

Hati mempunyai tanggung jawab untuk menghasilkan protein dalam plasma darah, yaitu protrombin, fibrinogen dan albumin. Protrombin dan fibrinogen mempunyai peranan dalam hal pembekuan darah. Albumin menjaga agar sel tubuh tidak kehilangan cairan.

6. Fungsi Immunitas

Di dalam organ hati terdapat sel-sel makrofag yang berperan penting dalam menangkap bakteri dan mengurainya. Juga jamur, parasit dan darah yang sudah mati.

Organ hati harus selalu dijaga, agar tetap dapat melakukan fungsinya dengan baik. Penurunan fungsi hati hanya dapat dilihat melalui cek di laboratorium.

Berikut ini adalah tips sederhana agar hati tetap bekerja dengan baik.

  • Hindari makanan instant yang berpengawet, minuman kemasan kaleng ataupun yang bersoda.
  • Hindari sayuran yang dipelihara dengan pestisida.
  • Hindari penggunaan obat-obat kimiawi yang berlebihan.
  • Jauhi minuman yang mengandung alkohol.
  • Terapkan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga.
  • ┬áJauhi kecemasan dan kejengkelan. Keadaan emosi yang berlebihan, memang terbukti membawa dampak yang buruk bagi kerja hati.

Menjaga kesehatan lebih baik daripada mengobatinya. Bukan hanya lebih hemat, tapi juga badan kita lebih sehat. Bukan hanya organ jantung, lever atau organ hati dan fungsinya pun harus dipelihara untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Loading...
Selanjutnya : Jangan Remehkan Penyakit Kulit Herpes
Sebelumnya: Keunikan dan Misteri Candi Borobudur
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar