Mengenal Organ-organ Pencernaan dan Enzim yang Dihasilkan Beserta Fungsinya


Pencernaan makanan adalah proses mengubah makanan ke bentuk kecil dan halus serta memecah unsur makanan yang kompleks menjadi unsur yang sederhana dengan bantuan organ pencernaan juga enzim yang ada. Organ pencernaan dan enzim yang dihasilkan beserta fungsinya ini yang memudahkan proses mencerna makanan pada manusia sehingga tubuh akan mendapatkan nutrisi dari zat makanan yang diserap tubuh.

Organ pencernaan manusia terdiri atas gigi, mulut, kerongkongan, lambung, dan usus. Semua organ mempunyai fungsi masing-masing agar bisa terjadinya proses mencerna makanan. Makanan yang masuk ke mulut akan dikunyah oleh gigi dengan bantuan lidah. Gigi lalu akan memecah makanan menjadi kecil-kecil sebelum masuk ke lambung melalui esofagus dan proses selanjutnya ke organ usus.

Proses Bantuan Organ dan Enzim

Zat-zat makanan tak mungkin bisa diserap oleh tubuh jika sistem pencernaan manusia tidak bekerja secara baik. Pada tubuh manusia, terdapat enzim yaitu zat kimia yang dihasilkan oleh tubuh yang memiliki fungsi untuk mempercepat reaksi-reaksi kimia di dalam tubuh. Organ pencernaan dan enzim yang dihasilkan beserta fungsinya berikut membantu proses pencernaan pada manusia.

Berikut adalah beberapa enzim yang mempunyai peranan penting membantu proses makanan di dalam tubuh manusia.

1. Enzim Ptialin

Di dalam rongga mulut terdapat enzim ptialin, tepatnnya berada di kelenjar ludah. Enzim ptialin ini dihasilkan oleh glandula parotis yang letaknya juga berada di sekitar kelenjar ludah. Enzim ptialin juga dikenal dengan sebutan enzim Amilase yang berguna mengubah amilum atau zat tepung (karbohidrat) menjadi glukosa sebagai bahan dasar tenaga manusia.

2. Enzim Pepsin

Enzim pepsin ini berada di organ lambung atau ventrinkulus manusia. Fungsi enzim pepsin mengubah protein yang sudah diserap tubuh menjadi pepton. Tugasnya untuk memecah protein kompleks agar menjadi molekul atau unsur sederhana yang dinamakan pepton. Pepton lalu dipecah lagi agar bisa diangkut oleh darah.

3. Enzim Renin

Kelenjar penghasil enzim yang ada di dinding lambung menghasilkan enzim renin. Enzim renin berguna untuk mengendapkan kasein. Kasein merupakan protein yang ada di dalam susu. Setelah kasein mengendap, selanjutnya air susu bisa dicerna oleh tubuh.

4. Enzim Lipase

Enzim lipase dikeluarkan bersama renin dan pepsin. Enzim ini dihasilkan oleh dinding lambung. Berguna dalam proses katabolisme yaitu suatu proses memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol.

5. Enzim Tripsin

Enzim ini berguna mengubah pepton menjadi asam amino. Enzim tripsin dikeluarkan ke dalam duodenum. Di organ tersebut, enzim tripsin bertugas guna menghidrolisis peptide jadi asam amino.

Demikian beberapa organ pencernaan dan enzim yang dihasilkan beserta fungsinya.

Selanjutnya : Hubungan Internasional dalam Berbagai Aspek
Sebelumnya: Apa Pengaruh Olahraga Terhadap Kesehatan?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar